MENCARI-CARI PUJIAN

9 April 2024

Mencari-cari Pujian

Mazmur 75:6-7 

Sebab bukan dari timur atau dari barat dan bukan dari padang gurun datangnya peninggian itu, tetapi Allah adalah Hakim: direndahkan-Nya yang satu dan ditinggikan-Nya yang lain.

Pada dasarnya manusia ingin dipuji dan ditinggikan. Ini boleh saja jika wajar dan tepat waktunya. 

Dalam taraf tertentu, ada orang-orang yang rasanya tidak terlalu butuh lagi akan harta, tetapi mereka butuh eksistensi dan citra diri dalam bentuk pengakuan dan penghormatan serta pujian. Ini adalah juga wajar. Memang kita seharusnyalah memberi penghormatan yang patut kepada siapapun. Ingatlah bahwa salah satu kebutuhan manusia adalah pengakuan dan penghormatan; dan bila itu dapat kita beri... berilah!

Tetapi bagi orang yang ingin dihormati, terutama bagi setiap orang yang pecaya kepada Kristus, diingatkan bahwa tidak perlu mencari-cari penghormatan dari orang-orang. Kata pemazmur: pujian itu tidak dari timur dan tidak dari barat yang penuh dengan manusia. Bahkan tidak juga dari padang gurun yang mungkin sedikit manusianya.

Kita meyakini bahwa sesungguhnya penghormatan bukan dari manusia, tetapi dari Tuhan. Dia SANG HAKIM sebagai penentu atas segala sesuatu.

Stop Expecting the Church To Promote You - From His Presence®

Penghormatan dari manusia sering berubah-ubah dan sangatlah terbatas. Penghormatan manusia berdasarkan kondisi dan waktu, dan juga bergantung kepada apa yang mampu kita beri. Orang yang memberi dipuja-puji, orang yang tak mampu memberi dilupakan. Inilah natural manusia. Kita terima sajalah ini sebagai hal yang lumrah.

Akan tetapi pujian dan penghormatan dari Allah tetap dan kekal. Pujian dari Allah adalah kemuliaan dan kehormatan yang sifatnya abadi.

Nasihat orang bijak...

Adalah lebih baik memuji daripada dipuji. itulah ciri orang baik. Salah satu maknanya adalah tidak usah mencari-cari pujian, tetapi jangan lupa memuji orang. Nasihat ini dapat kita lakukan, sebab bagi kita pujian dari Allah sudah lebih dari cukup. Apa yang kurang?

Selamat beraktivitas.

Selamat melayani.


Tuhan Yesus Kristus menyertai dan memberkati. Amin.

Teriring salam dan doa,

Alamta Singarimbun - Bandung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...