THIEF ... PENCURI


22 Juni 2020

THIEF … PENCURI

Lukas 23:32-33, 39-43
32. Dan ada juga digiring dua orang lain, yaitu dua penjahat untuk dihukum mati bersama-sama dengan Dia.
33 Ketika mereka sampai di tempat yang bernama Tengkorak, mereka menyalibkan Yesus di situ dan juga kedua orang penjahat itu, yang seorang di sebelah kanan-Nya dan yang lain di sebelah kiri-Nya.
39 Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: "Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!"
40 Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama?
41 Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah."
42 Lalu ia berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja."
43 Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."


Membaca bagian firman Tuhan di atas saya teringat sebuah lagu berjudul Thief, lagu ini saya dengar sekitar 15 tahun lalu. Lagu ini dinyanyikan oleh Third Day, group band rock yang spesialis menyanyikan lagu-lagu rohani dengan genre rock. Berikut ini cuplikan bait pertama lyric lagu Thief

I am a thief, I am a murderer
Walking up this lonely hill
What have I done? No, I don't remember
No one knows just how I feel
And I know that my time is coming soon

Penyaliban adalah bentuk hukuman yang diterapkan oleh Kekaisaran Romawi pada masa-masa awal tahun Masehi. Hukuman mati disalibkan adalah hukuman mati bagi penjahat kelas berat. Penjahat kelas berat itu digambarkan dalam lyric ini “what have I done? No, I don’t remember” … dia tidak ingat kejahatan apa saja yang sudah dia lakukan karena hidupnya memang sebagai penjahat sehingga begitu banyaknya kejahatan yang dia lakukan sampai-sampai dia lupa.
Ay. 32 mengatakan bersama Tuhan Yesus ada dua penjahat yang digiring menuju bukit Golgota. Penjahat yang digambarkan dalam lagu ini adalah penjahat yang berada di sebelah kanan Tuhan Yesus. Walau dalam perjalanan menuju Golgota orang banyak bergerombol sambil menyoraki dan menghina Yesus tapi penjahat itu merasa kesepian membawa salibnya sebab dia tahu waktunya sudah dekat untuk mati.

Who is this man? This man beside me
They call the King of the Jews
They don't believe that He's the Messiah
But somehow, I know that it's true

They laugh at Him in mockery
And they beat Him 'til He bleeds
And they nail Him to the rugged cross
They raise Him, yeah, they raise Him up to me

Bait dua dari lyric lagu Thief menggambarkan bahwa penjahat itu tidak mengenal Tuhan Yesus sebelumnya. Dia tahunya Tuhan Yesus dipanggil oleh orang-orang yang menyalibkan-Nya sebagai “King of the Jews”. Dia tahu orang-orang itu menyebut-Nya raja orang Yahudi dengan nada ejekan karena mereka tidak percaya bahwa Tuhan Yesus adalah Mesias. Dalam Alkitab tidak diceritakan bagaimana penjahat di sebelah kanan Yesus menjadi percaya, berbeda dengan penjahat sebelah kiri Yesus yang ikut menghina Yesus (ay 39). Penjahat sebelah kanan Yesus menegur penjahat sebelah kiri itu lalu menyatakan mereka (kedua penjahat itu) memang bersalah dan layak dihukum sedangkan Yesus tidak bersalah (ay. 40, 41)… lyric “But somehow, I know that it’s true” juga menunjukkan hal tersebut. Penjahat tersebut secara tidak sadar percaya begitu saja kepada Tuhan Yesus. Pastilah Roh Kudus yang menyadarkan penjahat sebelah kanan ini dan bekerja melalui penjahat ini, seperti ditegaskan dalam 1 Kor. 12:3  “Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: “Terkutuklah Yesus!” dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: “Yesus adalah Tuhan”, selain oleh Roh Kudus.

My time has come and I'm slowly fading
I deserve what I receive
Jesus when You are in Your kingdom
Could You please, please remember me?

Ay. 42 Lalu ia berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja." adalah pernyataan iman penjahat di sebelah kanan Yesus. Dia percaya Tuhan Yesus sebagai Raja dan memohon dengan sangat kepada-Nya untuk mengingat dia saat Tuhan Yesus menjadi Raja. Bait keempat lagu Thief ini juga mau menunjukkan hal yang sama, pengakuan dosa dan sadar bahwa waktunya sudah dekat.

And He looks at me still holding on
The tears fall from His eyes
And He says I tell the truth
Today, you will be with Me in paradise
And I know that my time, yes my time is coming soon
And I know that my time, yes my time, is coming soon
And I know Paradise, Paradise is coming soon

Sesuai lyric lagu ini, penjahat sebelah kanan Yesus menggambarkan bagaimana respon Yesus yang sudah menderita di kayu salib. Respon Yesus atas permohonan penjahat yang baru percaya itu adalah melihatnya, air matanya menetes, dan mengatakan “I tell the truth… today, you will be with Me in paradise”… ay 43 Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus." … lalu penjahat itu katakan “and I know Paradise, Paradise is coming soon”
Sungguh tak terbayangkan, kasih karunia Tuhan … pengampunan Tuhan Yesus berlaku sampai detik-detik terakhir hidup manusia. Dia sabar menunggu pertobatan manusia. Sebenarnya kesempatan pertobatan yang sama juga tersedia bagi penjahat yand di sebelah kiri Yesus, dia bertemu juga Yesus pada saat-saat akhir hidupnya, dia bersama-sama Yesus membawa salib menuju Golgota tapi dia memilih mengejek Yesus mengikuti orang banyak yang menyalibkan Dia.

Mungkin kita mengatakan dalam hati, “saya bukanlah penjahat” jadi saya tidak perlu bertobat … beranikah kita mengatakan kita lebih baik dari penjahat tadi?... status kita di hadapan Tuhan adalah sama yaitu manusia berdosa … manusia berdosa yang tidak memiliki harapan, manusia yang hanya menuju kematian neraka kekal… namun karena kasih Allah, Tuhan Yesus menderita menanggung dosa kita di salib, Dia mati untuk dosa-dosa kita, … lalu Dia bangkit untuk menyertakan kita dalam kemenangan-Nya mengalahkan kematian kekal… sehingga setiap orang yang percaya kepada-Nya dan bertobat diberikan-Nya keselamatan… mari ambil langkah iman sekarang, percaya dan bertobatlah jangan menunggu sampai detik-detik terakhir seperti penjahat tadi karena kita tidak tahu apa yang terjadi sejam/dua jam/besok hari/lusa … betapa bersoraknya malaikat di Surga atas setiap orang bertobat sejak dini karena petobat-petobat itu dapat menjadi partner Tuhan Yesus dalam mengabarkan Injil Keselamatan. Amin.

Tuhan memberkati,

Lukas

Berikut link lagu Thief – Third Day… selamat menikmati dan merenungkannya.


atau klik video berikut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...