Bertekunlah

PA Permata Sektor On Line, 7 Juni 2020
PENTAKOSTA

Bahan: Kisah Para Rasul 2:41-47
Tema: BERTEKUNLAH

Mari kita PA-kan Kis 2:41-47 untuk mempelajari karakteristik bertekun jemaat dalam gereja mula-mula yang dapat kita teladani, khususnya dalam hal ini Permata:

1. Karakteristik apa saja dalam jemaat mula-mula dalam ay. 41-42??...
2:41 Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.
2:42. Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.
Pertama: menerima perkataan/BERTEKUN dalam PENGAJARAN rasul-rasul
Kedua: BERTEKUN dalam PERSEKUTUAN
Ketiga: BERTEKUN dalam BERDOA

2. Karakteristik apa saja dalam jemaat mula-mula alam ay. 43-45??
2:43 Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda.
2:44 Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama,
2:45 dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.
Keempat: BERTEKUN dalam BERSATU
Kelima: BERTEKUN dalam BERBAGI

3. Karakteristik apa saja dalam jemaat mula-mula dalam ay. 46-47??
2:46 Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati,
2:47 sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.
Keenam: BERTEKUN MENYEMBAH
Ketujuh: Mereka BERSUKACITA (gembira)
Kedelapan: Mereka DISUKAI SEMUA ORANG

Kedelapan karakteristik jemaat mula-mula ini dapat juga disebut sebagai kualitas pertumbuhan jemaat,… jika Permata Bandung Pusat mau bertumbuh maka kedelapan kualitas pertumbuhan ini harus mulai ditumbuhkan di Permata Bandung Pusat, mulai dari setiap pribadi, sektor, lalu permata runggun.

Sering sekali kita melakukan suatu kegiatan di Permata dengan harapan banyak yang datang (kuantitas), namun kita kurang memperhatikan kualitas delapan karakteristik jemaat mula-mula tadi….
Perhatikan ay. 47 … Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan
- karena ada pertumbuhan kualitas akan disusul oleh pertumbuhan kuantitas
- yang menambahkan jumlah mereka adalah Tuhan, Tuhan senang melihat pertumbuhan kualitas maka Dia percayakan pertambahan orang yang percaya… bagaimana dengan kegiatan-kegiatan yang permata lakukan apakah menambah kuantitas permata yang percaya dengan usaha sendiri atau focus dulu kepada pertumbuhan kualitas permata Bandung Pusat kemudian Tuhan akan percayakan jumlah permata-permata yang percaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...