Lahiriah Merosot, Batiniah Terus Dibaharui


10 Desember 2019

2 Korintus 4:16
Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.

Arah dari tubuh fisik kita menjadi semakin tua. Pada suatu titik tertentu akan menurun kekuatan dan kemampuan tubuh jasmani kita. Rambut semakin habis atau berubah warna jadi putih. Gigi bertanggalan satu-persatu. Menjadi pelupa. Daya pikir turun. 

Banyak lagi hal-hal yang kita tidak suka akan terjadi bila usia makin senja. Dulu ketika muda banyak bicara soal cita-cita dengan penuh semangat. Kini yang jadi pembicaraan adalah makanan yang sehat bebas kolesterol sesuai usia.

Ada orang-orang yang sudah lanjut usia mulai merasa sepi karena banyak sahabat sudah mendahului. Terkadang yang ada dalam pikiran adalah bernostalgia mengenang masa lalu. Ingat kampung halaman. Ingat ayah dan ibu yang telah tiada. Ingat guru-guru masa sekolah dulu. Ingat ... ... ...? Banyak ingatan datang beruntun.

Menjadi tua adalah pasti. Menjadi bayi lagi tak mungkin. Itulah realita hidup yang akan dialami semua manusia tanpa kecuali. 

Berita baik bagi kita adalah bahwa di dalam KRISTUS, rohani dan jiwa kita dapat semakin segar. Harapan kita semakin  kuat dan semakin sempurna. 

Bila dahulu sumber kesukaan kita adalah capaian dan keberhasilan kita, karena mungkin memang itu penting bagi kita, tapi sekarang semakin berubah bahwa sukacita kita adalah pengenalan dan kedekatan kita dengan Tuhan Yesus Kristus. 
Puji Tuhan.

Oleh karena itu janganlah lupa agar kita semakin mengenal Kristus. Itulah harta utama kita yang tak pernah habis, bahkan semakin bertambah dan semakin baru.

Kita mungkin dapat jenuh dan bosan dengan rutinitas hidup kita yang kita rasa begitu-begitu saja, dan ada banyak orang yang bertanya kepada dirinya, "Untuk apa ini semua?"  

Akan tetapi di dalam Yesus, kita memiliki jaminan dan kepastian hidup.  Hidup dekat dan "mesra" dengan Allah tidak membosankan. 

Di ujung hidup orang yang taat kepada Yesus tidak pernah ada penyesalan.

Mari kita pandang Yesus.
Mari condongkan dan arahkan serta fokuskan hati dan pikiran kita kepada Yesus.

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus beserta kita menelusuri seluruh perjalanan hidup ini.
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...