Jangan Merugikan Orang Lain


3 Agustus 2019

Imamat 25:17
Janganlah kamu merugikan satu sama lain, tetapi engkau harus takut akan Allahmu, sebab Akulah TUHAN, Allahmu.

Jangan pernah hidup kita membuat orang lain susah atau merepotkan. Janganlah hidup kita merugikan orang lain... siapapun itu. 

Kalau hidup kita merugikan orang lain atau kita saling merugikan, hal itu menunjukkan kita tidak takut akan Allah.

Oleh sebab itu mari kita memeriksa hidup kita; apakah kita sedang membuat orang lain merasa rugi atau susah. 

Merugikan orang lain tidak hanya dalam bentuk usaha atau bisnis, tetapi juga mungkin orang lain merasa rugi karena merasa nama baiknya rusak oleh kita. Atau orang-orang merasa tidak nyaman berteman dengan kita. Hal itu sering disebabkan kata-kata dan sikap kita yang tidak membangun.

Sebaliknya... hidup kita semestinya adalah hidup untuk memberi dan memberkati, sebab kita juga sudah diberi dan diberkati oleh Allah dalam anugerah-Nya yang sungguh sempurna.

Memberi tidak selalu dalam pengertian memberi materi berupa uang atau harta... kalau mampu ya tentu saja bisa. 

Memberi sangat luas maknanya, misalnya: memberi perhatian... menghibur orang yang sedang susah dan berbeban berat... ringan tangan membantu pekerjaan orang... memberi senyuman... berkata-kata baik dan positif... menjadi tempat curahan hati... menuntun orang memahami kebenaran... mendoakan orang lain... dan sebagainya. Sungguh sangat banyak dan pasti kita bisa walau tidak semua kita dapat lakukan.

Mari kita selalu hadir memberi diri membuat orang lain bersukacita dan bertambah bahagia. Biarlah kehadiran kita membawa damai di manapun; dan adanya kita membuat orang merasa hidupnya lebih berarti dan dikuatkan. 

Biarlah hidup kita menjadi lebih dekat dan lebih kenal Yesus... dan hidup kita juga membuat banyak orang lebih kenal dan lebih dekat dengan Tuhan Yesus Kristus. Berbahagilah jika seperti itu dan itulah kebahagiaan sejati kita.
P u j i  T u h a n  ! !

Selamat berlibur.
Selamat berkarya
Selamat melayani.

Tuhan menyertai dan menolong  kita untuk menjadi berkat bagi orang lain. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...