Memelihara dan Menjaga Kebenaran Pengajaran


12 April 2019

1 Timotius 4:16
Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

Pesan Paulus kepada Timotius ini sungguh amat penting yaitu agar Timotius selalu menjaga dan mengawasi dirinya akan apa yang dia ajarkan tentang firman Tuhan.

Hal tersebut juga tentunya amat sangat penting bagi siapa saja yang mengajar, terutama dalam menyampaikan kebenaran firman Allah. Agar dari pengajaran tersebut tidak muncul kesalahan... tidak terjadi penyimpangan.

Kita harus sadar bahwa dari kesalahan kecil yang diajarkan dapat berdampak besar. Oleh sebab itu perlu waspada.

Bagi siapa saja yang mengajar, ajarkanlah apa yang benar. Sebab itu seorang pengajar harus terbuka untuk dikoreksi oleh firman Allah itu sendiri.

Juga seorang pengajar harus membuka diri terhadap koreksi dari orang-orang yang sama-sama rindu mengajarkan kebenaran firman Allah.

Mungkin Tuhan memberi kesempatan bagi kita mengajar banyak orang. Atau barangkali kita mengajar kepada sekelompok kacil saja. Paling tidak kita tentu belajar untuk mengajar diri sendiri.

Dalam semua itu kita harus terus memelihara dan menjaga kebenaran pengajaran kita. Kita harus cermat terhadap apa yang kita lakukan dan ajarkan. Orang harus dibangun kuat oleh pengajaran kita.

Dari pengajaran kita, orang-orang harus semakin mencintai Tuhan Yesus Kristus dan taat kepada Dia.

Dengan demikian kita akan menyelamatkan diri serta menyelamatkan siapa saja yang mendengarkan kita.
Kita rindu agar apa yang diajarkan Kristus sejak awal menjadi tetap terpelihara.

Biarlah kita menjadi salah satu dari orang-orang yang tekun dan setia mengajarkan kebenaran firman Allah. Bila hal ini terjadi, maka sungguh berbahagilah kita, sebab tercapailah rencana Tuhan melalui hidup kita.

Biarlah kita menjadi salah satu anak rantai yang panjang dalam penyampaian pesan Yesus kepada umat manusia dari masa ke masa hingga Dia datang kembali dalam kemuliaan-Nya.
P u j i  T u h a n  ! !

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan menolong dan menyertai kita untuk menyampaikan pesan-Nya dengan benar kepada dunia ini. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...