Semangat Bekerja adalah Pelayanan Kepada Tuhan

2 April 2019

Roma 12:11  
Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

Salah satu penyebab ketidakberhasilan kita dalam memperoleh sesuatu bukanlah karena kita tidak mampu, tetapi karena tidak tekun. Semangat sering hilang. Paulus katakan kerajinan kendor. Akibatnya capaian kita tidak maksimum.

Penyebab kerajinan menjadi kendor mungkin karena jenuh. Mungkin juga karena kelelahan fisik. Bisa juga disebabkan pengaruh orang sekitar yang juga tidak semangat hidup. Atau tidak jelas tujuan hidup buat apa. Mungkin juga karena bagian dari karakter seseorang. Banyak lagi penyebabnya.

Boleh jadi saat ini kita dalam kondisi kurang bergairah. Rasanya malas melakukan sesuatu  yang menjadi tanggung jawab kita. Enggan memulainya.

Untuk itu Paulus ingatkan agar kita bangkit. Janganlah kendor kerajinan kita. Biarlah spirit kita untuk bekerja dibangkitkan. "Biarlah rohmu menyala-nyala" kata Rasul Paulus. Artinya ada kekuatan spirit yang mengendalikan kita. Dalam hal yang lebih khusus lagi, kita diingatkan untuk bersemangat melayani Tuhan.

Sahabat... mari kita semangat dalam bekerja apapun profesi kita. Dengan semangat bekerja, itu juga merupakan wujud dari pelayanan kita kepada Tuhan.

Bahkan seorang ibu rumah tangga yang sibuk di dapur menyiapkan makanan buat suami dan anak-anaknya, sibuk mencuci pakaian  dan bersih-bersih rumah... itu semua pelayanan dan suatu ekspresi melayani Tuhan. Sama semua bobotnya di hadapan Tuhan. Sama mulianya dengan seorang pendeta yang sedang berkhotbah di mimbar gereja. Sama nilainya dengan orang yang sedang nulis renungan ini. Hanya beda jenis, beda alat, dan beda bentuk mimbarnya saja.

Beri dan lakukan senantiasa yang terbaik buat Tuhan dari mimbar kita masing-masing baik di gereja, persekutuan atau tempat keseharian kita di dunia kerja.

A y o   s e m a n g a t   ! ! !

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan menolong dan menguatkan kita untuk tetap rajin dan bersemangat.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...