Jika Tuhan Menyuruh - Lakukan Saja


4 September 2019

Lukas 5:4-7 
Setelah selesai berbicara, Ia berkata kepada Simon: "Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan."
Simon menjawab: "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga."
Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak.
Lalu mereka memberi isyarat kepada teman-temannya di perahu yang lain supaya mereka datang membantunya. Dan mereka itu datang, lalu mereka bersama-sama mengisi kedua perahu itu dengan ikan hingga hampir tenggelam.

Simon Petrus memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi dalam menangkap ikan. Dia tahu seluk beluk dimana ikan berada dan bagaimana menjalanya. 

Meski Petrus tidak sekolahan, layaklah dia tampil sebagai pembicara tunggal mempresentasikan cara menangkap ikan dalam "Seminar Sehari" tentang tema menjala ikan."

Namun suatu hari, sepanjang malam Simon Petrus dan timnya tidak berhasil menangkap ikan. Mereka sudah lelah.

Di tengah kelelahan mereka, Tuhan Yesus menyuruh menyebarkan jalanya kembali ke suatu tempat yang dalam.

Mendengar apa kata Yesus, mungkin dia setengah hati menanggapinya. Antara percaya dan tidak percaya dan kurang bergairah, Petrus mau mencobanya juga. Mungkin Petrus berpikir, "Yah... coba sajalah, siapa tahu nanti berhasil..."

Yang menarik dari respons Petrus adalah ketika dia berkata, "... ... ..., tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." 

Akhirnya betul: Simon Petrus dengan orang-orangnya sungguh berhasil menangkap banyak ikan, sampai-sampai jala mereka koyak. Mungkin melalui koyaknya jala itu, ada ikan yang terlepas. Mereka malah minta bantuan ke perahu lain untuk menolong, dan hampir tenggelam perahu mereka itu sakin banyaknya ikan tangkapan mereka... luar biasa!

Mungkin kita memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman. Dalam hal itu, mungkin apa kata Yesus seolah tak sejalan dengan apa yang kita tahu dan apa yang pernah kita alami. 

Tetapi marilah kita taat kepada apa kata Yesus dengan berkata seperti Simon Petrus, "... ... ..., tetapi karena Engkau menyuruhnya..."
Lantas lakukanlah!
Sederhana!

Akan terjadi perkara luar biasa dalam hidup kita ke depan jika kata-kata Petrus itu menjadi salah satu kata-kata kunci hidup kita.

Marilah kita berseru, "Tuhan Yesus... karena Engkau menyuruhnya... aku mau melakukannya"

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus menolong dan memberkati kita untuk melakukan apa yang Dia suruh.
Amin.

Teriring salam dan doa.
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...