Merdeka dari Menyalahgunakan Kemerdekaan


17 Agustus 2019

1 Petrus 2:16
Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah.

Merdeka artinya: bebas, tidak terikat, dan tidak bergantung kepada sesuatu. 

Seorang yang merdeka dapat menentukan sendiri apa yang dia mau lakukan.

Seorang yang merdeka juga tidak dibatasi oleh pemahaman bahwa dia bebas berbuat apa saja, tetapi dia juga harus memahami bahwa dia harus siap menerima konsekwensi dari setiap apa yang dia lakukan. Inilah namanya kebebasan yang bertanggung jawab.

Kita bersyukur karena telah merdeka dan telah bebas dari dosa-dosa kita; karena dimerdekakan dan dibebaskan oleh Tuhan Yesus. Namun kebebasan kita adalah kebebasan yang bertanggungjawab... kita bertanggungjawab kepada Yesus SANG PEMBEBAS.

Adalah luar biasa bahwa dalam status bebas, kita  merendahkan hati dan penuh kerelaan memperhambakan diri kepada Kristus untuk taat dan tunduk kepada Dia.

Ingatlah bahwa kita bebas memilih apa saja... mau baik, mau setengah baik, mau seperempat baik, mau tidak baik... itu hak kita sepenuhnya. Tapi ingatlah bahwa kita tidak bebas memilih akibat dan konsekwensi dari pilihan kita. Itu hak dan otorotas Allah sepenuhnya. Biarlah ini menjadi rumus dan dalil dalam hidup kita.

Kita juga telah bebas dan merdeka dari kaum penjajah. Tidak banyak di antara kita yang mengalami masa penjajahan dulu. Tetapi kita belajar dari sejarah betapa sulitnya kehidupan pada masa itu.

Para pejuang kita gigih berjuang dan berkorban agar kita merdeka. Dengan rahmat Tuhan, apa yang dilakukan para pahlawan kita... akhirnya berhasil... kita merdeka!

Sebagai anak-anak Tuhan di negeri ini, mari kita menjadi gugus dan agen yang baik untuk berjuang bersama. Itu adalah bentuk ketaatan dan penghormatan kita kepada Tuhan, dan penghargaan kita kepada para pahlawan kita yang gugur di arena perjuangan.

Para sahabat... 
Ada dua hal  penting untuk kita lakukan, yakni:
1. Sebagai warga Kerajaan Allah yang taat, marilah kita hidup sebagai orang merdeka untuk melakukan kehendak dan Amanat Agung Tuhan Yesus.
2. Sebagai warga negara Indonesis yang baik, marilah kita sebagai orang merdeka menjadi bagian dari  orang-orang yang berjuang untuk kemajuan dan kejayaan bangsa kita.

Tuhan memberkati kita.
Tuhan memberkati Indonesia.

Dirgahayu...
Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

*M E R D E K A   ! ! !*
*M E R D E K A   ! ! !*
*M E R D E K A   ! ! !*

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun- Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...