Menanggung Penderitaan adalah Kasih Karunia

22 Maret 2019

1 Petrus 2:19
Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung.

Apakah kita sedang mengalami pergumulan berat saat ini?

Mari sejenak merenungkan... apa penyebabnya?

Bila pergumulan itu karena ada kesalahan yang kita buat, maka tentu kita harus bertobat dan minta ampun kepada Tuhan. 
Mari perbaiki diri !

Bila pergumulan itu ada dan kita tidak tahu apa penyebabnya, maka serahkanlah kepada Tuhan. Dia akan memberi kelepasan dan kelegaan. Dia akan membuat kita kuat menghadapinya.

Jika kita sadar dan yakin bahwa pergumulan itu semestinya tidak kita alami, namun Allah ijinkan itu ada, maka Rasul Petrus mengatakan itu adalah kasih karunia.

Nampaknya perkataan Petrus itu sulit untuk diterima. Dalam benak kita adalah bahwa yang namanya kasih karunia selalu berupa hal positif yang menyenangkan. 
Tapi ini kok beda?

Apa yang dikatakan Petrus tidaklah aneh bila kita memahami ayat tersebut dalam konteks yang benar dari sisi cara pandang Allah. 

Pergumulan kita yang diijinkan Tuhan bermaksud untuk memurnikan iman kita.  Tuhan ingin membuat kita menjadi pribadi yang tangguh dan tulen.

Tentu saja kita tidak perlu mencari-cari pergumulan. Jangan mengundang persoalan hidup. Selalulah berupaya meminimalkan tekanan hidup. Namun bila pergumulan itu datang tak terduga dan Allah ijinkan, maka mari kita hadapi itu bersama Yesus. 

Bersama Dia kita pasti menang. Kemenangan itu pasti kita peroleh. Hanya memang butuh waktu... waktu yang tepat dari Tuhan.

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan menolong dan menyertai dalam setiap pergumulan hidup kita.
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...