Tempaan Iman Untuk Menjadi Teladan

24 Maret 2019

1 Tesalonika 1:6-7
Dan kamu telah menjadi penurut kami dan penurut Tuhan; dalam penindasan yang berat kamu telah menerima firman itu dengan sukacita yang dikerjakan oleh Roh Kudus, sehingga kamu telah menjadi teladan untuk semua orang yang percaya di wilayah Makedonia dan Akhaya.

Berlian yang indah dengan bagian hitam dari pinsil yang kita goreskan untuk menulis, unsurnya sama... sama-sama karbon (C).

Namun...
Mengapa berlian sangat jauh lebih mahal dari pinsil?
Mengapa berlian lebih keras dan putih kemilau?

Berlian dibentuk lebih lama serta dalam kondisi dan lingkungan berbeda. Tekanan yang dialami berlian jauh lebih besar dan berat.

Manusia juga seperti itulah kira-kira. Lingkungan yang berat serta tekanan dan beban hidup sangat berperan dalam membentuk sikap seseorang.

Bila saja tekanan dan himpitan hidup diterima dengan sikap positif, maka kita dapat menjadi pribadi yang baik. Bermental baja dan tangguh. Sikap seperti ini sungguh sangat penting bagi kita untuk bertahan dan mengalami kemenangan hidup.

Begitulah apa yang Rasul Paulus tuliskan tentang jemaat Makedonia yang menjadi teladan. Dalam penindasan berat mereka tetap menjadi penurut Tuhan. Mereka tetap bersukacita dalam himpitan hidup.

Marilah kita menerima segala bentuk tekanan dan tantangan hidup dengan sikap positif. Roh Kudus akan tetap bekerja dalam hidup kita untuk menempa kepribadian kita menjadi ulet, laksana unsur karbon menjadi permata berlian yang bersinar kemilau. Begitulah mestinya kita.
S e m o g a   ! ! !

Selamat Hari Minggu.
Selamat beribadah.
Selamat melayani.

Tuhan memberkati dan menyertai serta menguatkan kita menjadi permata indah di hadapan-Nya.
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...