Jangan Kembali Mencintai Dunia

19 Februari 2019

Kolose 4:14
Salam kepadamu dari tabib Lukas yang kekasih dan dari Demas. 

2 Timotius 4:10
Karena Demas telah mencintai dunia ini dan meninggalkan aku. Ia telah berangkat ke Tesalonika. Kreskes telah pergi ke Galatia dan Titus ke Dalmatia.

Rasul Paulus menyebut satu nama: Demas, yang menjadi teman sekerjanya. Teman sekerjanya itu telah meninggalkannya. Paulus katakan Demas telah mencintai dunia ini. Paulus mungkin merasa kehilangan karena Demas telah berubah hatinya.

Tidak jelas seperti apa bentuknya yang dimaksudkan Paulus dengan istilah Demas telah mencintai dunia. Namun bisa kita bayangkan bahwa hati Demas telah beralih. Dia tidak lagi bersama Paulus dalam panggilan pelayanan seperti semula.

Demas telah berubah oleh karena ketertarikannya akan nikmatnya dunia. Pandangannya terhadap panggilan jadi berbelok.

Kita juga dapat dipengaruhi oleh dunia ini sehingga hati kita terpaut kepadanya. Secara halus, hati mungkin tidak berubah, namun  semangat dan motivasi untuk melayani mengendur atau stag oleh kesilauan dunia ini. 

Paulus yang merasa kehilangan teman sekerjanya, Demas, kiranya tidak terjadi atas kita

Bila kita merasa ada perubahan arah hidup dan hati telah tercondong ke dunia ini, kembalilah kepada komitmen awal kita untuk sungguh-sungguh melayani Tuhan di tengah-tengah sibuknya kita bekerja dan padatnya seluruh aktifitas hidup.

"Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan." (Wahyu 2:10b)

Selamat bekerja.
Selamat belajar.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus menyertai dan memberi kita semangat untuk mengasihi Dia sepenuhnya.
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...