Boleh Memberitakan Injil adalah Upah


12 Mei 2019

1 Korintus 9:18 
Kalau demikian apakah upahku? Upahku ialah ini: bahwa aku boleh memberitakan Injil tanpa upah, dan bahwa aku tidak mempergunakan hakku sebagai pemberita Injil.

Gaji atau honorarium merupakan upah kerja. Besarnya upah kerja sering merupakan faktor utama bagi banyak orang untuk memilih pekerjaan. Sering pula faktor ini membuat orang pindah-pindah kerja.

Besarnya gaji juga sering dianggap sebagai ukuran tinggi rendahnya status seseorang dalam dunia kerja.

Kenaikan gaji akan disambut gembira. Kenaikan gaji juga menjadi tuntutan para pekerja dalam berbagai level. Persoalan gaji sering menjadi topik pembicaraan menarik, dan juga dapat menjadi persolan sensitif, karena memang gaji adalah kebutuhan hidup. Jadi sangatlah wajar jika gaji menjadi isu menarik.

Bagaimana perihal upah dalam pelayanan di ladang Tuhan. Tentu hal inipun sering menjadi pembicaraan menarik, baik bagi jemaat, terlebih di antara sesama hamba Tuhan, sebab berhubungan langsung dengan hidup mereka.

Akan tetapi menarik tentang apa kata Rasul Paulus. Dia mengatakan upah dia sesengguhnya adalah di dalam dia dapat dipercaya memberitakan Injil. Bahwa Rasul Paulus diperkenankan Tuhan memberitakan Injil merupakan upah besar.

Tidak berarti Rasul Paulus tidak perlu uang. Dia juga butuh itu. Namun Rasul Paulus tekankan bukanlah berapa atau apa yang dia akan dapat dalam pelayanan. Fokus Paulus adalah bahwa dia dipercayakan Tuhan untuk memberitakan Injil.  Inilah motivasi yang benar di dalam melayani.

Bagaimana dengan kita?

Marilah kita bersyukur jika kita dipercaya oleh Tuhan untuk memberitakan Injil. Itu adalah hak istimewa dari Tuhan kepada kita.

Tetapi juga menjadi catatan kecil adalah dari lembaga atau gereja yang memang berkewajiban memberi kepada hamba-Nya yang  melayani... berilah! Sebab terkadang apa yang diberi merupakan tanda ikatan kasih dan bentuk perhatian. Bukan soal besar kecilnya, tetapi kebersamaan di dalam Kristus.
P u j i   T u h a n  ! !

Selamat Hari Minggu.
Selamat beribadah.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus memberkati dan menyertai serta memimpin hidup kita dalam memberitakan Injil.
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...