Cara Untuk Cerdas Otak-Hati-Rohani


17 Juli 2019

Amsal 5:1-2
Hai anakku, perhatikanlah hikmatku, arahkanlah telingamu kepada kepandaian yang kuajarkan, supaya engkau berpegang pada kebijaksanaan dan bibirmu memelihara pengetahuan.

Pengetahuan kita butuh. Dengan pengetahuan kita dapat berkembang dan mengembangkan diri. 

Dengan pengetahuan kita bisa hidup lebih praktis. 

Banyak hal yang tadinya sulit menjadi lebih mudah seiring bertambahnya ilmu pengetahuan. Sebab itu penulis Amsal menyatakan agar kita mengarahkan diri kepada pengetahuan. Buka telinga kepada kepandaian. Artinya adalah: kita membuka diri kita untuk dapat memiliki pengetahuan yang bersifat membangun.

Bibir juga dipelihara untuk pengetahuan, artinya adalah bahwa setelah telinga dibuka untuk masuknya ilmu pengetahuan, maka apa yang diketahui wajib dibagikan melalui perkataan kita kepada orang lain. Penulis Amsal mengatakan... bibirmu memelihara pengetahuan... jangan pelit dengan ilmu... berbagilah! 

Kita diajak untuk menggali ilmu dan disuruh berbagi ilmu pengetahuan. Bila hal ini terjadi, maka semua kita menjadi cerdas... cerdas otak.

Selain cerdas otak, kita diajak mendaki ke tingkat yang lebih tinggi yaitu memiliki hikmat. Penulis Amsal katakan; berpegang pada kebijaksanaan. Tangan kita yang berbuat, dasar dan pegangannya adalah bijaksana. Hal ini membuat kita lebih dari sekedar cerdas otak, tetapi juga cerdas hati dan cerdas emosi. Kita akan memiliki pikiran lurus dan tulus. 

Apalagi bagi kita yang telah percaya dan telah menerima Yesus, dari sisi rohani kitapun  disuruh berubah untuk memiliki karakter Kristus. Lengkaplah dan semakin sempurna. Inilah sebenarnya arti dari menjadi manusia seutuhnya.

Mari kita bercita-cita menjadi manusia yang seutuhnya... MANUSIA PARIPURNA... dengan cerdas otak dan cerdas hati serta cerdas rohani.

Hebat sekali makna Amsal 5:1-2 ini. Karena itu sahabat yang budiman, marilah....
Hafalkanlah Amsal 5:1-2 !
Renungkanlah Amsal 5:1-2 !
Lakukanlah Amsal 5:1-2 !
Hiduplah dalam Amsal 5:1-2 !

Selamat bekerja.
Selamat beraktivitas.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus menyertai dan memberkati kita. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...