Mengajarkan Kebenaran


22 Juli 2019

Yakobus 3:1
Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat.

Ayat tersebut yang berkata janganlah banyak yang mau menjadi guru, tentulah kita pahami bukan dimaksudkan sebagai profesi guru. 

Yakobus maksudkan adalah agar kita tidak hanya tahu kebenaran, dan setelah tahu, kita hanya menggurui orang, tapi kita tidak melakukan apa yang kita tahu.

Sebagai guru... yang sudah tahu dan mengajarkannya,  akan diminta pertanggungjawaban yang lebih besar.

Hal ini tentu tidak berarti kita ambil kesimpulan terbalik dengan berkata, "Saya tidak perlu tahu dan saya tidak mau mengajarkannya agar tidak dituntut" 

Kita tetap harus rindu mengetahui kebenaran dan kitapun haruslah mengajarkannya. 

Yakobus sesungguhnya mengingatkan agar kita termotivasi dengan kuat untuk siap melakukan kebenaran firman yang kita pelajari... dan sebelum kita ajarkan, kita diharapkan melakukannya terlebih dahulu, atau sama-samalah kita melakukannya.

Memang rasanya berat melakukan kebenaran yang kita pelajari dari firman-Nya. Namun Tuhan Yesus akan menguatkan kita. Kita perlu kekuatan baru dan bergantung kepada Yesus, sehingga Dia akan menolong kita melakukan kebenaran serta dengan hikmat-Nya kita juga dapat berkontribusi mengajarkan firman-Nya ke orang lain.

Yohanes 15:5
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Selamat bekerja.
Selamat beraktivitas.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus menolong kita untuk memahami, melakukan serta mengajarkan kebenaran firman-Nya. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...