Apakah Arti Hidupmu?

5 Januari 2019

Yakobus 4:14   
Sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap.

Beberapa waktu yang lalu saya berkenalan dengan seorang Bapak. Perkenalan kami terjadi melalui seorang sahabat. Bapak tersebut  pensiunan guru. Begitu  berkenalan lewat sms, dia mengatakan senang menerima renungan yang dikirim setiap pagi. Diapun berkata ingin bertemu.

Tentu saja sayapun senang berkenalan dengan Bapak itu karena bertambah seorang saudara di dalam Yesus. Renungan pagipun tetap saya share ke dia. Beliau selalu saja merespons renungan yang dia terima bahwa Dia sungguh bersukacita di dalam Yesus. Dia katakan juga ingin berjumpa dan disepakati tahun ini dia akan datang khusus ke Bandung untuk bertemu. 

Lantas suatu hari sahabat yang memperkenalkan saya dengan Bapak itu mengatakan bahwa Beliau telah meninggal dunia. Saya sungguh kaget. Karena selama ini renungan tetap dikirim. Hanya saja bedanya tak pernah lagi ada respons.

Dalam hal ini saya teringat dengan ayat di atas betapa kita tidak mengerti apa yang akan terjadi di hari esok. Dan Rasul Yakobus bertanya, "Apakah arti hidupmu?"

Yakobus melanjutkan bahwa hidup kita seperti uap... sejenak dan sebentar saja terlihat lantas hilang.

Pertanyaan tentang apa arti hidup... hidup ini akan berarti jika kita di dalam Yesus. Di luar Kristus, apapun yang kita miliki dan menjadi apapun kita... tidak ada artinya. Begitulah pemahaman saya. Mungkin pandangan kita berbeda... tidak apa-apa jugalah. Kita tentu bebas berpendapat.

Sebaliknya, apapun, siapapun dan bagaimanapun kita, jika kita di dalam Kristus... hidup kita oleh Dia dan buat Dia, sesungguhnya kitalah orang paling beruntung. Meskipun hidup kita hanyalah bagaikan uap, namun uap yang menghangatkan dan penuh arti.

Sebagaimana uap yang sebentar itu kelihatan dan langsung menghilang menyatu dengan udara, kitapun akan tiba saatnya dipanggil menyatu dengan Kristus. Tempat kita tidak lagi di sini... tapi DI SANA bersama Kristus.

Oleh sebab itu, marilah hidup kita dibangun di dalam Kristus agar hidup kita berarti. Takut, hormat dan setialah kepada Yesus !

Selamat beraktifitas.
Selamat berlibur.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus senantiasa menyertai kita.
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...