Percayalah, Jangan Mengeraskan Hati

18 Januari 2019

Markus 8:11-2
Lalu muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari sorga.
Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: "Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda."

Orang-orang Farisi selalu mencari-cari persoalan dan masalah dengan Yesus. Mereka senang berdebat dengan Yesus. Intinya sebetulnya mereka tidak percaya. Mereka minta tanda sebagai bukti.

Tentu saja Yesus bisa memenuhi segala tanda yang diminta orang Farisi. Lebih dari apa yang diminta mereka, Yesus dapat lakukan. Terlalu amat kecil bagi Yesus untuk mengadakan tanda-tanda itu. Tetapi masalahnya adalah walaupun Yesus tunjukkan tanda-tanda itu, percayakah mereka? 

Mata mereka terbuka tetapi tidak melihat. 
Telinga mereka terbuka, tapi mereka tak mendengar. 

Oleh karena itu tak perlu bagi Yesus untuk membuat dan memamerkan tanda yang mereka minta. Tidak akan diberikan tanda apapun bagi mereka... kasihan ! Itu keputusan Yesus. Sebab orang Farisi hanya maunya berdebat saja. Mereka puas dengan bersilat lidah. Itu saja.

Jika kita melihat sikap orang Farisi itu, mungkin kita gemas dan ada rasa-rasa marah dengan sikap mereka yang lantang kepada Yesus. Namun dalam beberapa hal tertentu, mungkin kita juga bisa bertindak dan bersikap seperti mereka.

Dalam taraf yang lebih halus karena tidak berdayanya untuk kita percaya, mungkin kitapun sering dalam keadaan ragu dan bimbang akan apa kata Yesus. Bisa saja. 

Akan tetapi yang paling harus kita hindari adalah mengeraskan hati, dimana kita menuntut tanda ingin bukti dari Yesus. Walau tak kita ucapkan, mungkin kitapun sering berdebat dengan apa kata Yesus melalui firman-Nya. Kita seolah protes dan mengkomplain perintah-Nya dan berseberangan serta kontra dengan Yesus.
Waspadalah dengan sikap seperti ini !

Sahabat... janganlah kiranya kita meragukan janji-Nya. Ambillah sikap untuk meyakini sepenuhnya apa kata Yesus. 

Ada atau tidak ada tanda yang diberikan Yesus bagi kita, namun dengan pertolongan dan bimbingan Roh Kudus, AMINKAN setiap perkataan Yesus dan belajarlah untuk terus melakukannya dengan setia. 
Niscaya Tuhan berkenan kepada kita.
Puji Tuhan ! !

Selamat bekerja.
Selamat belajar.
Selamat beraktivitas.
Selamat melayani.

Tuhan memimpin dan menuntun kita untuk meyakini sepenuhnya akan janji-janji-Nya.
Amin...

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...