Disanggupkan Melakukan Perintah Tuhan


29 Juni 2019

Yohanes 6:60
Sesudah mendengar semuanya itu banyak dari murid-murid Yesus yang berkata: "Perkataan ini keras, siapakah yang sanggup mendengarkannya?"

Ketika Tuhan Yesus menyampaikan pesan dan perintah apa yang harus diyakini dan dilakukan, maka banyak orang merasa perintah-Nya keras. Dan mereka berkata, "... ... siapakah yang sanggup mendengarkannya?"

Jadi... jangankan melakukannya, mendengarnya saja mereka sudah tidak sanggup.

Orang-orang yang ingin mengikut Yesus itu mungkin ingin mendengar kata-kata Yesus sesuai dengan apa yang mereka mau... memanjakan... menghanyutkan... meninabobokkan... tanda-tanda ajaib yang menyenangkan. Apalagi mereka baru saja dipuaskan kenyang makan roti. Mereka ingin seperti-seperti itu lagi.

Namun ketika mereka diajarkan prinsip-prinsip dasar bagaimana semestinya mengikut Yesus, mereka merasa gusar. Mereka langsung tidak suka dan berniat mundur. 

Kalau seandainya ada alat perekam dan difoto pakai HP ala jaman ini, mungkin kita bisa melihat reaksi-reaksi spontan keras mereka terhadap apa kata Yesus. Mungkin banyak sumpah-serapah dan kata-kata melawan terdengar.

Bagaimana dengan kita?

Mungkin kitapun sering merasa bahwa perintah Yesus keras. Hal itu membuat kita segan mendengarkannya. Kalau segan saja mungkin masih lunaklah. Barangkali ada bantahan-bantahan yang menunjukkan ketidaksetujuan dan ketidakpercayaan kita. Kita merasa tidak akan sanggup melakukan firman-Nya.

Sesungguhnya perkataan Yesus adalah perkataan hidup untuk menuntun kita. Agar kita kuat dan kokoh berprinsip. 

Memang diri kita tidak akan sanggup melakukan perintah-Nya, tetapi ada Roh Kudus membuat kita mampu. Bersama Dia kita bisa!

Oleh sebab itu mari kita sepenuhnya bergantung dan bersandar kepada Yesus untuk mendengar dan melakukan firman-Nya. 
Dalam doa minta kekuatan kepada Dia. 
Miliki jugalah sahabat yang berkomitmen sungguh-sungguh ikut Yesus, agar kita saling mendoakan, saling menguatkan, dan saling membangun.

Selamat berlibur.
Selamat beraktivitas.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus menyertai dan memberkati kita. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...