Kita Memiliki Nilai Lengkap Jika...

2 Desember 2018

1 Korintus 1:5-6
Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal: dalam segala macam perkataan dan segala macam pengetahuan, sesuai dengan kesaksian tentang Kristus, yang telah diteguhkan di antara kamu.

Cobalah sejenak cermati uang kita seharga Rp. 100.000. Mata uang tersebut akan bernilai atau sah bila utuh, artinya bila lengkap dari dua sisi. Tidak bisa kita bagi dua, lantas diberi nilai seharga Rp. 50.000. 

Uang tersebut akan laku bila lengkap satu sisi bergambar Proklamator Sukarno-Hatta dan sebelahnya lagi bergambar Gedung DPR-MPR.  Andaikan kita memiliki uang yang hanya bergambar satu sisi saja sementara satu sisinya kosong karena salah cetak, maka uang tersebut tidak bernilai.  Harganya hanyalah seharga kertasnya saja. Tidak dapat dipergunakan untuk membeli sesuatu.

Manusia memiliki berbagai tingkatan sosial yang berbeda mulai dari yang rendah sampai tinggi. Tapi secara iman Kristiani, kita meyakini bahwa bagaimanapun tingkatan sosial kita, hidup kita akan bernilai bila lengkap. 

Kelengkapan hidup kita berada di dalam Kristus. Sama seperti mata uang, meskipun tingkatan sosial kita begitu amat tinggi, namun bila hati kita kosong... tidak ada Kristus di dalamnya, maka hidup kita hampa dan tak berarti. 

Kristus begitu bermakna dalam hidup kita, sehingga di luar Kristus, kita tidak berarti apa-apa. Bahkan Rasul Paulus begitu kuat dan tegas mengatakan keyakinannya bagaimana dia merasakan arti Kristus dalam hidupnya, dia katakan, ”Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus, (Filipi 3 : 8)”

Sungguh karena Kristuslah kita berarti, bukan karena siapa kita dan apa yang mampu kita lakukan. Kedudukan ataupun posisi tetaplah penting, namun kehadiran Kristus dalam pribadi kita... itu yang utama. Dalam Kristus ada kehidupan dan ada makna hidup. 

Adalah baik dan bolehlah kita peroleh apa saja selama kita hidup, namun bila hidup kita di luar Kristus… kita terhilang!!

Selamat hari Minggu.
Sekamat beribadah.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus menyertai dan melengkapi kita. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...