Mempersembahkan dengan Merendahkan Diri dan Hati

9 Desember 2018

Matius 2:11
Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.

Orang Majus datang kepada Yesus. Mereka yang begitu terhormat dan dihormati banyak orang. Namun orang-orang terhormat tersebut sujud menyembah Yesus. Padahal Yesus pada saat itu masih kecil dan posisi Yesus dikatakan bersama Maria, ibu-Nya. 

Karena masih kecil dan dianggap tidak mengerti apa-apa, maka secara sosial, Yesus belum diperhitungkan.

Namun demikian, apa yang dilakukan orang Majus tersebut menunjukkan SIAPA sesungguhnya Yesus. Bahwa Yesus adalah Tuhan yang harus disembah.

Orang Majus itu juga mempersembahkan persembahan kepada-Nya. Kata ini sangat menarik. Mempersembahkan berbeda dengan memberi. Jika memberi, berarti tangan kita di atas. Kalau mempersembahkan artinya tangan kita di bawah.

Orang Majus itu dalam posisinya yang terhormat menempatkan dirinya di bawah Yesus. Mereka begitu santun meletakkan dirinya di bawah Yesus.

Apa yang dilakukan orang-orang Majus itu mengajarkan kita untuk menyembah Yesus. Kita sepatutnyalah merendahkan diri dan hati sepenuhnya di bawah kaki Yesus.
Terpujilah Yesus kekal selama-lamanya.

Selamat hari Minggu.
Sekamat beribadah.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus menyertai dan melengkapi kita. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...