Betapa Dalamnya Kasih Setia Kristus

4 Oktober 2018

Efesus 3:18
Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus.

Rasul Paulus berdoa agar jemaat Efesus dapat memahami betapa besarnya kasih Kristus. Doa itu juga adalah doa bagi kita semua. Kitapun dapat berdoa agar kita memahami betapa Tuhan mengasihi kita.

Rasul Paulus mengatakan betapa lebarnya... betapa panjangnya... betapa tingginya... Seolah seperti ruang yang komplit: 

Panjang X Lebar X Tinggi = Volume... 3 Dimensi.

Karena sangat lebar, sangat panjang dan sangat tinggi, maka volumenya pastilah sangat besar. Bahkan tak berhingga... itulah yang dikatakan Paulus dalam ayat tersebut: betapa dalamnya…

Sesungguhnya kita tidak memahami kasih Tuhan yang luar biasa besar itu. Apa yang disebutkan sebagai 3 dimensi di atas adalah gambaran sederhana matematis kita saja. Sebab sampai di situlah yang dapat kita mengerti dan cerna. Kita terbatas memahami kasih Allah yang dalam dan sungguh sangat besar. Itulah sebabnya Paulus berdoa dan kitapun butuh doa agar tidak gagal paham dalam menyelami kasih Allah.

Oleh karena itu kita boleh berdoa apa saja kepada Tuhan. Mungkin banyak permintaan kita... banyak keinginan kita, dan Allah akan tampung semua doa-doa kita. Persoalannya adalah apakah Tuhan berkenan atau tidak. 

Akan tetapi jangan lupa untuk berdoa agar hati dan pikiran kita dibukakan akan kebesaran kasih Allah. Doa ini pasti berkenan di hati-Nya

Apabila kita memahami dan merasakan bahwa kita sangat dikasihi Allah... itulah sumber kedamaian kita. Apapun yang kita miliki dan tercapaipun semua keinginan kita, namun jika kita tidak merasakan kasih Allah, malah rasa khawatir dan rasa cemas yang akan datang.

Mari kita lanjutkan aktifitas hidup kita dengan ditopang doa-doa kita. Alangkah indahnya jika kita juga saling mendoakan untuk bersama-sama menikmati kasih Tuhan.

"Tuhan... bukalah hati dan pikiranku untuk dapat memahami dan merasakan kasih-Mu yang ajaib."

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat berakifitas.
Selamat melayani.

Tuhan menyertai dan memberkati kita dengan kasih-Nya yang sempurna. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...