Hanya Kepada Allah Pengharapan Sesungguhnya

28 Oktober 2018

Roma 4:18-21
Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu."
Imannya tidak menjadi lemah, walaupun ia mengetahui, bahwa tubuhnya sudah sangat lemah, karena usianya telah kira-kira seratus tahun, dan bahwa rahim Sara telah tertutup.
Tetapi terhadap janji Allah ia tidak bimbang karena ketidakpercayaan, malah ia diperkuat dalam imannya dan ia memuliakan Allah, dengan penuh keyakinan, bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan.

Membaca kutipan ayat di atas, Abraham sungguh luar biasa imannya. Dikatakan bahwa: ... ... sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya... ...
Kalimat Rasul Paulus ini yang berbicara tentang Abraham sungguh luar biasa.

Kalau kita baca lanjutan ayat di atas, Rasul Paulus menuliskan tentang iman Abraham: bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan ... ...

Jadi dasar Abrahan untuk berharap adalah: menurut yang telah difirmankan

Siapa yang berfirman?
Tentulah Allah.
Jadi Abraham mendasarkan imannya kepada Allah semata-mata.

Terhadap janji Allah, Abraham tidak bimbang. Dia yakin bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan. 
Ini poin penting: Allah berkuasa.

Bagaimana dengan kita?
Siapakah kita?
Apa jasa kita kepada Tuhan?
Apa dasar kita untuk berharap kepada Tuhan? 
Kebaikan kitakah? 
Pelayanan kitakah? 
Piawainya kitakah?
Pengaruh kitakah?

Kita bebas menjawab apa saja.

Namun belajar dari Abraham, kita diingatkan dan diajarkan bahwa iman dan harapan kita sepenuhnya didasarkan kepada Allah Bapa kita. Itu teladan Abraham yang wajib kita ikuti.

Selamat Hari Minggu.
Selamat beribadah.
Selamat melayani.

Tuhan beserta kita. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...