Ada Tuhan Yesus disini!!

7 November 2018

Yohanes 2:9-10 
Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya ia memanggil mempelai laki-laki, dan berkata kepadanya: "Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang."

Ada beberapa kejadian di sebuah pesta dimana makanan kurang. Penyelenggara pesta berusaha untuk menambah makanan dengan berbagai cara, sebab makanan adalah salah satu lambang kemegahan pesta. Suksesnya sebuah pesta sering diukur dari nikmatnya makanan yang dihidangkan. Bila tidak cukup atau kurang nikmat, tuan rumah pesta merasa kurang enak dan sampai ada yang merasa malu. Para tamu undanganpun sering membicarakannya dari sisi penilaian negatif.

Begitulah juga dengan kejadian di sebuah pesta di Kana. Mereka kekurangan anggur. Anggur merupakan kelengkapan dalam pesta mereka. Jika kurang, ini alamat kurang baik bagi pemilik pesta.

Tetapi syukurlah. Mereka beruntung sebab Yesus ada di pesta itu. Tuhan Yesus menyelamatkan pemilik pesta dari pergunjingan para tamu, bahkan mendapat pujian. Tuhan Yesus memenuhi kebutuhan mereka dengan menjadikan anggur dari air.

Berubahnya air menjadi anggur oleh Yesus sungguh luar biasa. Air yang memiliki rumus kimia H2O berubah menjadi gugus karbon yang lebih kompleks. Komponennya berubah. Ini hebat dan ajaib ! 

Bahkan dikatakan bahwa anggur yang dibuat Yesus lebih baik. Para tamu sampai heran dengan berkata, "Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang."

Para tamu tidak tahu bahwa anggur yang mereka nikmati bukanlah anggur yang disiapkan pemilik pesta sebelumnya, tetapi anggur itu baru saja dibuat Yesus dengan bahan dasar air. Mereka tidak sadar ada Yesus Yang Maha Kuasa di antara mereka.

Yesus senantiasa hadir di antara kita. Bahkan Dia ada di hati kita. Kehadiran-Nya menjadi jawaban atas pergumulan hidup kita. Sekalipun ada orang di sekitar kita tidak percaya dan tidak suka kepada Yesus, namun kita tidak akan pernah merasa malu dan tidak merasa dipermalukan. 

Dalam posisi terjepit, galau, perasaan sesak dan kehilangan akal, kita dimampukan mendapat kelegaan dengan kehadiran Yesus.
Puji Tuhan !

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus Kristus senantiasa menyertai dan memberkati kita. 
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...