Jangan Meneruskan Info Menyesatkan - Hoax

10 November 2018

Efesus 5:6
Janganlah kamu disesatkan orang dengan kata-kata yang hampa, karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka Allah atas orang-orang durhaka.

Dewasa ini informasi tentang apa saja begitu mudah kita dapatkan. Bahkan orang sedang makan apa dan di mana, kita mengetahuinya. Sebelum makan, difoto dulu apa yang dimakan lalu dikirim kepada orang-orang tertentu. 

Beberapa aktifitas difoto dan diberi komentar, lantas dikirim. Tentu hal ini tidaklah apa-apa. Di satu sisi ada positifnya karena dapat mempererat kita yang berjauhan. 

Hanya saja yang sering menjadi masalah adalah banyak informasi yang salah yang kita terima. Tanpa pertimbangan penuh kita termakan dan tersesat. Informasi itu bahkan sering langsung kita kirim juga sehingga menyebarlah ke semua pelosok. Berita hoax adalah salah satu kesesatan yang marak dimasa kini. Hoax merupakan berita yang tidak benar dan cenderung memutarbalikkan fakta tentunya menyesatkan jika pendengar/pembaca berita percaya dan ikut menjadi penerus hoax jika menyebarkan berita itu.

Tanpa kita sadari kita jadi tersesat dan ikut berpatisipasi menyesatkan.

Rasul Paulus menegaskan agar kita jangan disesatkan oleh apapun dan oleh siapapun. Paulus mengingatkan agar kita tidak termakan dan tidak terseret oleh kata-kata hampa... kata-kata kosong. Terlebih tentunya kitapun jangan menyesatkan orang. 

Memamg kita tidaklah bermaksud membuat orang tersesat, kita tidak mengarang-ngarang kabar-kabar dusta. Akan tetapi kemungkinan menyesatkan melalui ikutnya kita mengirim kabar bohong tanpa pertimbangan sangat bisa terjadi. 

Sebab itu kita harus hati-hati. Rasul Paulus katakan berkaitan dengan hal itu adalah: mendatangkan murka Allah... Allah melarang.

Sebab itu marilah kita waspada dan peka...
• Jangan mau disesatkan.
• Jangan menyesatkan.
• Jangan berpartisipasi menyebarkan penyesatan.

Ingatlah bahwa ciri-ciri kita sebagai anak-anak Allah adalah membuka diri terhadap kebenaran dan hidup dalam kebenaran serta menyampaikan kebenaran. Itulah gaya kita. Itulah tanggung jawab kita. Begitulah semestinya tampilan dalam dan tampilan luar kita.

Selamat berlibur.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan berkati... Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...