Pertolonganku ialah dari Tuhan

4 November 2018

Mazmur 121:1-2 
Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku?
Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi.

Pemazmur secara alami melihat ke tempat yang tinggi, ke gunung-gunung tinggi untuk berharap... akankah datang mengalir pertolongan dari sana?

Namun penulis Mazmur tersebut menyadari dan meyakini bahwa pertongannya yang utama adalah dari Tuhan. Bukan dari gunung itu. Bahkan Tuhan yang menjadikan gunung-gunung tempat dia berharap semula.

Ada sebagian orang merasa terlalu abstrak ketika mendengar perkataan bahwa Tuhan yang menolong. Sulit meyakininya. Mereka mungkin mengandalkan pikiran dan kekuatan fisik semata. 

Atau juga mereka melihat sosok atau oknum yang lebih tinggi sebagai sumber pertolongan.

Memang pikiran dan kekuatan fisik tetaplah perlu. Jangan abaikan itu. Juga mungkin orang-orang yang punya potensi tertentu bolehlah kita harapkan. Tetapi itu saja sering tidak cukup. Sering kita frustasi jika andalan kita hanya itu saja. 

Sebab pikiran dan kekuatan kita ada batasnya. Orang yang kita harapkan menolongpun belum tentu bersedia, bahkan merekapun mungkin sedang mengalami situasi yang sama seperti kita... mereka juga sedang mencari-cari sumber pertolongan.

Sebagaimana pemazmur merasakan bahwa aliran kekuatan dari gunung-gunung  tidak cukup dan tidak memuaskan tanpa kehadiran Tuhan, maka demikianlah kita. Kita perlu iman yang bertumbuh di dalam Kristus untuk menguatkan kita.

Kita sungguh membutuhkan pertolongan Tuhan. 
Kita perlu tindakan-Nya.
Kehadiran-Nya melegakan kita.

Karena itu;
Pandanglah Yesus...
Berharaplah kepada-Nya...
Andalkan Dia...
Nantikan Dia...
Dia akan bertindak untuk kita.
Terpujilah Yesus Kristus ! !

Selamat Hari Minggu.
Selamat beribadah.
Selamat melayani.

Tuhan beserta kita. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...