Dunia Menikmati Keberadaan Kita

5 November 2018

Filipi 1:23-24
Aku didesak dari dua pihak: aku ingin pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus itu memang jauh lebih baik; tetapi lebih perlu untuk tinggal di dunia ini karena kamu.

Rasul Paulus mengatakan dirinya didesak dari dua hal, yaitu pergi dari dunia ini menuju kekekalan di hadirat-Nya bersama Kristus, atau tetap hidup di dunia fana ini.

Dari sisi keinginan Paulus, dia merasa lebih baik pergi saja. Sebab Paulus sudah yakin akan ke mana bila ia meninggalkan dunia ini. Dia akan bebas dari hukum alam yang membatasi dia. Dia akan menikmati keindahan sesungguhnya bersama Kristus. Penderitaan fisik tidak ada lagi... bebas !

Tetapi mengingat untuk apa dia ada, untuk apa dia masih diijinkan Tuhan berada di dunia ini, adalah dengan alasan: lebih penting, yaitu agar Paulus dapat dipakai Tuhan meneguhkan orang-orang percaya, Rasul Paulus katakan, "... ... karena kamu"

Melihat pernyataan Rasul Paulus dengan istilah lebih baik atau lebih penting, mana pilihan kita?

Kebanyakan kita pasti memilih yang lebih penting itu. Artinya kita masih ingin lebih lama lagi hidup. 

Baiklah kalau memang begitu...

Hanya saja pertanyaannya adalah apa alasan kita untuk ingin lebih lama hidup? 
Jawabannya banyak dan bervariasi. 
Atau ada banyak beralasan karena takut sebab belum jelas keyakinannya akan keselamatan.

Sering kita lihat bahwa orang-orang yang berusia lanjut, katakanlah orang yang berusia 100 tahun lebih tetapi masih sehat, akan menjadi berita penting. Itu dipandang sebagai keajaiban. Itu menjadi kebanggaan. Hampir semua orang ingin seperti itu.

Jadi apa alasan kita untuk ingin berlama-lama hidup di dunia bulat ini?

Alangkah indahnya kalau jawaban kita seperti Rasul Paulus, yaitu agar kita semakin dipakai Tuhan membangun manusia. Agar kita dipakai Tuhan semata-mata sebagai perpanjangan tangan-Nya mencapai maksud-Nya. Semestinya itulah alasan kita, sehingga kita mengatakan lebih penting bagiku untuk tetap hidup lama di dunia ini. Bila alasan kita bukan seperti itu, tentunya tidak apa-apalah... sebab masing-masing kita bebas meyakini serta menentukan pilihan buat apa kita berumur panjang.

Oleh karena itu, mari kita rawat diri kita. Kita jaga kesehatan rohani dan kesehatan fisik kita. Kita atur pola hidup kita. Pilih hidup sehat agar kita tetap bugar melakukan apa yang diamanatkan Tuhan bagi kita. 

Kita ingin hidup lama di dunia ini bukanlah agar kita menikmatinya, tetapi agar dunia ini menikmati kehadiran dan adanya kita. Itulah alasan ungkapan Paulus dengan kata lebih penting.

Bagian kita adalah menikmati KEMULIAAN SURGA bersama Kristus, itu yang diungkapkan Paulus dengan kata: lebih baik. Tetapi itu nanti di SEBERANG SANA. Sabar sajalah. Segenap kekasih Yesus akan dapat bagian. Tenang sajalah! Yang penting berkarya dulu bagi Yesus di dunia ini selama hidup... seumur hidup.. hingga mata ini pada akhirnya tertutup rapat di TITIK FINISH.
Puji Tuhan ! ! !

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus menyertai dan menolong kita hingga TITIK FINISH kita masing-masing. 
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...