Optimalkan Karunia Rohani Anda

29 November 2018

2 Timotius 1:6
Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Allah yang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu.

Berbagai-bagai karunia rohani diberikan Allah kepada kita. Karunia tersebut dianugerahkan-Nya setelah kita percaya dan menerima Kristus... setelah kita lahir baru. 

Karunia rohani diberikan untuk melengkapi kita dan untuk kita saling melengkapi sebagai orang percaya. Ada berbagai karunia pada setiap kita. Karunia rohani tidaklah menunjukkan level atau status kita, sebab status kita semua sama yaitu anak-anak Allah.

Beberapa karunia tersebut diungkapkan Rasul Paulus di dalam 1 Korintus 12:28,
"Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh."  

Apa karunia rohani kita? 

Kita dapat mengetahui karunia rohani kita dalam pengalaman keseharian dan perjalanan kehidupan rohani kita. Orang lain yang telah percaya kepada Kristus, juga dapat memberitahu tentang karunia rohani kita berdasarkan apa yang mereka lihat dalam diri kita, misalnya di dalam pelayanan yang kita lakukan.

Apapun karunia kita, semua itu baik karena dari Allah datangnya dan bertujuan mempermuliakan Dia. Jangan diamkan dan jangan abaikan setiap karunia rohani yang Allah beri. Rasul Paulus ingatkan hal itu kepada Timotius dan tentu kepada kita juga di dalam pertumbuhan rohani dan di dalam pelayanan kita.

Karena itu, adalah baik kita mengoptimalkan  dengan meneliti untuk lebih mengatahui karunia rohani dari Tuhan kepada kita agar dikembangkan, dipergunakan dan dikobarkan untuk kemuliaan Allah.

Biarlah Tuhan Yesus Kristus dimuliakan, ditinggikan dan diagungkan melalui setiap karunia rohani kita masing-masing, sebab untuk itulah kita hidup sebagai anak-anak-Nya.

Selamat bekerja.
Selamat belajar.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan menyertai dan memberkati kita dengan segala karunia rohani yang Dia beri. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...