Ada Tuhan, Jangan Melarikan Diri


13 Desember 2019

Yunus 2:1-2
Berdoalah Yunus kepada TUHAN, Allahnya, dari dalam perut ikan itu, katanya: "Dalam kesusahanku aku berseru kepada TUHAN, dan Ia menjawab aku, dari tengah-tengah dunia orang mati aku berteriak, dan Kaudengarkan suaraku.

Oleh karena ketidaktaatan Yunus, tragis apa yang dialaminya. Dia diijinkan Allah ditelan ikan. Tentu ini pengalaman yang sangat langka.

Dari dalam perut ikan yang menelannya, dia berdoa kepada Tuhan. 
Dalam doanya Yunus berseru, "Dalam kesusahanku..."

Pastilah memang susah dan sulit posisi Yunus. Dalam keadaan seperti itu tidak ada lagi yang dapat dilakukan Yunus. Tidak ada lagi daya selain berdoa minta tolong dan menyerahkan diri kepada Tuhan. Sebelumnya Yunus merasa dapat melarikan diri dari perintah Tuhan... setelah dalam perut ikan tidak bisa.

Oleh karena berbagai penyebab, mungkin kita dihadapkan dengan situasi pelik dan rumit. Rasanya tidak ada lagi yang dapat dilakukan. Tidak ada rasanya orang yang bersahabat mau ulurkan tangan untuk menolong. Dalam susana seperti itu ada orang yang nekad mencelakakan dirinya ambil jalan singkat. 

Konon kabarnya baru-baru ini ada orang yang mau bunuh diri karena alasan cintanya ditolak oleh seorang yang dia sukai. Dunia ini jadi gelap baginya. Dia tidak siap... Mentalnya rapuh. Inilah fakta nyata, betapa masalah yang rasanya begitu berat dapat membuat orang ambil jalan pintas.

Mungkin kita juga ada yang sedang merasa sesak dihimpit berbagai masalah dari berbagai penjuru mirip-mirip apa yang dialami Yunus. Dalam situasi seperti itu, masih tetap ada harapan. Masih bisa kita berdoa minta tolong. Ada Tuhan.

Sahabat yang kekasih, memang kita harus mengupayakan jalan keluar dari berbagai masalah, namun jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan. Tuhan akan menolong, Dia akan beri kekuatan ekstra untuk kita mendapatkan jalan ke luar.

Tetaplah kita berharap kepada Allah SUMBER PERTOLONGAN kita.

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus beserta kita.
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...