Mintalah yang Diinginkan Tuhan Bagi Anda


5 Januari 2020

Yohanes 15:7 
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Sebagian orang sering memandang atau menekankan ayat di atas dalam pengertian bahwa apapun yang diminta dan didoakan, akan dikabulkan Tuhan. Mereka sampai detail mendoakan apa yang mereka inginkan. Dan ada orang yang mungkin tidak memperoleh apa yang dia doakan; membuat mereka kecewa dan meragukan kebenaran perkataan Tuhan Yesus tersebut.

Bagi kita penekanan sebetulnya bukanlah soal dikabulkan atau tidaknya doa kita, tetapi kita disuruh untuk tinggal tetap di dalam Yesus, dan taat kepada Dia. 

Semestinyalah dalam kita tinggal dan taat kepada Dia, permintaan kitapun harusnya bukanlah permintaan atas selera kita, tetapi kita akan memohon bahwa apa yang kita minta selaras dan sesuai dengan kehendak-Nya. 

Dengan dikabulkannya permohonan dan doa kita, semestinya yang pertama dan utama yang terjadi adalah Allah dimuliakan dan ditinggikan. Keagungan Tuhan tampak melalui setiap pemberian-Nya. 

Tindakan iman bukanlah sekedar bahwa apa yang kita minta dikabulkan Tuhan. Banyak pengalaman menunjukkan bahwa kita sering bergumul menantikan apa yang sedang kita rindukan, bahkan ada yang tidak Allah penuhi apa yang kita mau.

Walau ada bagian-bagian apa yang kita harapkan belum Tuhan penuhi, tidak apa-apa asalkan hubungan kita dengan Allah langgeng... tidak terganggu. Keintiman kita dengan Allah jauh lebih penting dibandingkan dengan terkabulnya suatu keinginan. Hal ini tentu sering sulit karena sifat alami kita menuntut apa yang kita ingin maunya segera terealisasi, namun sebagai pelajaran kehidupan kita dengan Kristus, bila tidak seperti itu, kita harus siap!

Mari kita terus tetap tinggal di dalam Yesus, tetap taat kepada Dia... melampaui keinginan kita atas terkabulnya sebuah doa.

Selamat Hari Minggu.
Selamat beribadah.
Selamat melayani.

Allah Bapa di dalam Yesus Kristus dan persekutuan dengan Roh Kudus meneguhkan dan menguatkan kita senantiasa. Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...