Berikan Yang Terbaik Pada Tuhan Yesus


4 Januari 2020

Yohanes 12:3-5 
Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu.
Tetapi Yudas Iskariot, seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan Dia, berkata: "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?"

Maria meminyaki kaki Yesus dengan minyak yang sangat mahal. Karena mahalnya, maka Yudas Iskariot protes bahwa Maria seharusnya tidak perlu berbuat seperti itu. Lebih baik minyak itu dijual dan uangnya disumbangkan buat orang-orang miskin... meskipun memang Yudas memiliki maksud tertentu dibalik ucapannya yang tampak humanis.

Tuhan Yesus membiarkan Maria melakukan apa yang dilakukan Maria kepada-Nya. Yesus merasa apa yang dilakukan Maria sudah tepat dan sungguh amat terpuji. 

Walaupun Maria bukanlah orang kaya raya, tapi dia memberi minyak terbaik kepada Tuhan Yesus. Dia tidak menahan apa yang paling baik yang ada pada dia.

Apa yang ada pada kita yang terbaik yang telah kita persembahkan kepada Yesus?
Apa yang ada pada kita yang terbaik yang akan kita persembahkan kepada Yesus?

Biarlah kita jawab pertanyaan di atas secara pribadi sebagai evaluasi diri kita di hadapan Allah. Kita tidak perlu menjawab sikap orang lain, dimana kita bertindak sebagai hakim atas orang itu. Jangan kita mengukur sikap orang lain kepada Tuhan, yang dapat berakibat dengan diam-diam kita memvonis mereka... jangan!... siapakah kita? Lebih besarkah kita? Tentu tidak! Janganlah kita berperan "sebagai Yudas Iskariot terhadap Maria" terhadap orang lain.

Sebagaimana Maria menghargai dan memuliakan Yesus dengan meminyaki kaki-Nya dengan minyak yang mahal, alangkah indahnya bila kita juga berkomitmen mempersembahkan apa yang terbaik kepada Yesus sebagai respons kita terhadap kasih dan anugerah-Nya yang AJAIB dan BESAR.

Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan memberkati kita. Amin 

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...