Mari Berperan

21 Desember 2019

Matius 1:19
Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.

Peran Yusuf sebagai ayah Yesus, tidak banyak ditulis, hanyalah di awal-awal saja dicatat dalam Injil. Selanjutnya tidak ada peran Yusuf tercatat. Namun demikian, pastilah banyak perbuatan Yusuf beserta Maria dalam merawat Yesus. Terutama di awal-awal Yesus lahir. 

Sungguh banyak tantangan dan pergumulan Yusuf, diawali dengan niat memutuskan pertunangannya secara baik-baik dengan Maria yang sedang hamil. 

Setelah menjadi keluarga, kemudian Jusuf dan Maria harus berjalan jauh untuk memenuhi panggilan kewajiban sensus. Di tengah jalan Maria tiba saatnya untuk melahirkan, namun  tidak ada tempat yang tersedia. Akhirnya kandang domba jadi pilihan. 

Setelah Yesus lahir, ada ancaman pembunuhan yang direncanakan raja Herodes terhadap Yesus. Lalu Yusuf sebagai ayah disuruh Allah menolong Maria dan bayi Yesus untuk lari ke Mesir. Mereka berada di tengah-tengah tekanan ketakutan. Yusuf lakukan semua tanggungjawabnya dengan baik dan sepenuh hati.

Kisah Yusuf, tidak lengkap tertera dalam Alkitab. Memang begitulah... seolah tidak perlu banyak ditulis tentang dia untuk diketahui. Yang penting dia telah lakukan dan telah  dipenuhi apa perannya dengan baik.

Begitulah seharusnya juga dengan kita, agar tidak ada menyelip keinginan dalam hati dan pikiran untuk diingat-ingat dan dibesar-besarkan seolah kita berjasa. Sebaliknya yang perlu selalu kita ingat-ingat adalah bahwa Allah sungguh baik bagi kita. Ingatlah selalu akan kasih setia-Nya. 

Yang penting juga adalah agar peran dan apa yang kita lakukan, itu semua sesuai dan memenuhi apa yang Allah mau dan apa yang Dia inginkan dari kita. Itu saja.

Selamat berlibur.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus beserta kita.
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...