Manusia Batiniah

7 Juli 2018

2 Korintus 4:16
Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.

Rasul Paulus mengungkapkan ada dua hal yang terus-menerus mengalami perubahan dalam diri kita, yaitu lahiriah dan batiniah.

Manusia lahiriah akan terus berubah. Fisik kita akan berkembang. Tetapi ada maksimumnya. Melewati titik maksimum itu, fisik dan lahiriah kita akan merosot. Apapun yang dilakukan, semuanya hanyalah memperlambat tercapainya titik maksimum itu. Pasti terjadi !

Oleh karena itu semua orang yang nampak gagah dan memiliki tubuh sehat dan kuat, ada saatnya merosotlah itu semua. Semakin hari semakin banyaklah pantangan-pantangan kita. Salah satu dalam bentuk makanan mungkin... ini tidak boleh !... itu batasi !... sebelah sana boleh tapi sedikit saja !... yang dalam kulkas untuk anak-anak dan cucu !... ini saja makan !... begitulah... harus kendalikan diri ! 

Karenanya banyak orang tidak bisa menerima kenyataan seperti ini, sehingga sering orang berkata, "Dulu ketika masih bisa makan, uang tak punya. Sekarang setelah ada uang, dilarang makan"... aduhhhh…

Terkadang itulah bedanya manusia dengan mesin. Mesin yang semakin tua semakin boros konsumsi bahan bakarnya. Dulu ketika masih baru, mobil dengan 1 liter bahan bakar bisa mencapai 12 km. Sekarang mobil yang sama setelah agak tua, 1 liter bahan bakar hanya bisa tempuh 7 km saja.. boros !

Sedangkan manusia.... yang masih muda bisa makan suka-suka dengan lauk apa saja... habis 2 piring bahkan nambah lagi. Sekarang setelah usia lanjut semakin harus berhikmat, berhemat dan minimalis... cukup setengah piring dengan lauk yang harus dibatasi. Bahkan ada orang dipaksa dan terpaksa memantangkan nasi... capek juga ya...

Tapi ada satu hal penting dalam diri kita yang terus dapat meningkat tanpa batas dan tanpa titik maksimum, yaitu manusia batiniah. Bahkan dikatakan Paulus: semakin dibaharui... luar biasa !

Image result for 2 cor 4:16 

Manusia batiniah kita ada dalam hati dan pikiran... hati dan pikiran yang terus dibaharui. Itulah yang membuat kita tidak tawar hati dan bersukacita hati tenteram. Hanya saja memang harus diperhatikan apa konsumsinya. Jangan salah !

Konsumsi utama dari hati dan pikiran kita adalah firman Tuhan.

Sebab itu... agar hati dan pikiran kita terus dibaharui, nikmatilah konsumsinya yang sebenarnya... firman Tuhan. Itu yang utama, tidak ada yang lain.

Oleh karena itu biar sajalah... jangan khawatir dengan fisik kita yang sudah melewati maksimum dan kini merosot. Imbangilah itu dengan perubahan batiniah yang semakin meningkat dan dibaharui. Dengan demikian kita tidak akan pernah bimbang dan khawatir dengan kemerosotan fisik kita yang secara alami memang begitu sifatnya.

Bagi kaum muda yang belum mencapai titik maksimum manusia lahiriahnya... masih terus berkembang fisiknya... ingatlah !... ada saatnya Anda juga akan capai titik itu. Pasti ! 

Oleh sebab itu bagi kaum muda... sejak sekarang bergaullah dan cintailah firman Tuhan sejak dini. Agar terbiasa dari sekarang mengkonsumsi firman Tuhan, sehingga ketika nanti mencapai titik maksimum itu... cepat atau lambat... sudah terbiasa konsumsinya firman Tuhan, sehingga tidak kaget nanti. Ini 100 % benar !

Jadi bagaimanapun kondisi kita saat ini... di level manapun manusia lahiriah kita... janganlah lupa perbaharuilah manusia batiniah kita dengan firman Tuhan dan dekat serta merapatlah kepada Tuhan Yesus Raja kita.

Ayo !!... Mari !!…

Selamat berlibur.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus menjaga, menyertai dan memberkati kita. Amin...

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...