Berakar dan Bertambah Teguh

23 Agustus 2018

Kolose 2:6-7
Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

Dalam sejarah orang sukses, selalu ada jalan panjang berisi catatan tentang perjuangan dan pengorbanan. Bila dilihat dengan jeli perjalanan seseorang yang berhasil, selalu ada keringat bahkan air mata yang mendahuluinya. 

Mungkin saja sukses dapat dicapai tanpa pengorbanan, tetapi sukses seperti itu lebih merupakan keberuntungan belaka. 

Bila hanya terpesona melihat kenyamanan sebagai buah kesuksesan, maka dapat berakibat lupa akan keharusan untuk berupaya. Tetapi bila kagum akan ketegaran seseorang untuk sukses, maka dari situlah awal untuk maju. Sukses yang sejati sering dicapai melalui kesabaran serta keuletan dan bukan oleh kecepatan. 

Kesuksesan di dunia ini dan pertumbuhan iman ada kesamaan prosesnya. Rasul Paulus mengingatkan kita untuk tetap di dalam Dia. Kita berakar dan dibangun di dalam Dia. Dengan cara demikianlah kita menjadi kuat dan dapat dipakai Allah. Orang-orang yang diurapi Tuhan, sering memiliki catatan hidup yang tidak mudah. Banyak pengalaman panjang yang harus dilalui dengan penuh pergumulan. 

Pohon yang berbuah segar dan ranum diawali dengan benih yang bersedia masuk dalam proses yang menyakitkan. Benih itu harus bersedia jatuh dan mengalami penghancuran dalam tanah. Setelah itu barulah bertumbuh dan akhirnya menghasilkan buah berlipat ganda. 

Tuhan tidak melihat apa profesi kita, Dia tidak melihat tingkat kesuksesan yang kita alami dan seberapa kita bisa. Meski orang memandang kita biasa-biasa saja, tetapi bila kita membuka telinga dan hati kita kepada suara Allah, maka Allah di pihak kita. 

Seseorang yang mau mati bagi diri sendiri dalam hal menyangkal diri serta melepaskan egonya, maka orang seperti itulah yang akan dapat bangkit dan memberi pengaruh serta perubahan kepada dunia ini. 

Mari kita renungkan ini dan jadilah demikian dalam hidup kita !

Selamat belajar
Selamat bekerja.
Selamat beraktivitas
Selamat melayani.

Tuhan menyertai dan memberkati kehidupan kita. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...