Kenakanlah Perhiasan Batiniah

11 Agustus 2018

1 Petrus 3:4
Tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah.

Ada seorang ibu yang sudah cukup lanjut usia. Ibu ini selalu berpenampilan menarik. Bajunya amat bagus dan mahal. Tak ketinggalan asesoris yang menarik selalu menghiasi tubuhnya. Begitu juga seperangkat alat-alat kecantikan senantiasa dipakai. Ibu ini selalu tampak segar dan lebih muda dari usia sebenarnya.

Rupanya ibu ini berpenampilan seperti itu karena disarankan dan disuruh suaminya. Jadi memang itu adalah suatu usaha agar lebih manis kelihatan untuk menutupi kondisi dirinya yang dia rasa kurang menarik.

Bersyukurlah bila kita memiliki perawakan yang menarik dan rupawan. Namun walaupun tidak, tak apa-apa. Atau barangkali karena kita sudah berumur sedemikian, sehingga secara alami tentulah ada penurunan penampilan dan kekuatan fisik melemah. Dalam situasi seperti ini kita dapat menjadi lebih menarik jika kita memiliki dan memakai perhiasan batiniah.


Perhiasan batiniah adalah hati yang baik dan pikiran jernih. Karakter yang baik akan membuat diri kita menjadi menarik bagi setiap orang, paling tidak menarik bagi Tuhan. Itulah sebabnya mengapa Rasul Petrus menyuruh kita memakai perhiasan batiniah. Tentu itu juga merupakan kerinduan Tuhan bagi semua kita.

Tuhan Yesus juga berkata di dalam Matius 5:16,
"Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Kalau si Ibu tadi harus keluarkan uang banyak untuk membeli baju, perhiasan dan alat kecantikan yang mahal-mahal, maka kita tidak perlu keluar uang banyak sebetulnya. Caranya adalah: percaya dan terima Yesus Kristus.

Setelah terima Yesus, ikuti pesan Rasul Paulus dalam Kolose 2:6-7,
"Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

Dengan demikian niscaya hidup kita akan menjadi menarik, bagaimanapun kondisi fisik kita saat ini. A M I N ! ! !

Selamat berlibur.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan menyertai dan memberkati kita. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...