Menjadi Terang

31 Agustus 2018

Yesaya 49:6b
”Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."

Kita dapat melihat sekeliling kita bukan saja karena mata kita baik, tetapi faktor penting adalah karena ada terang di sekitar kita. Coba saja buka mata selebar-lebarnya di tempat gelap gulita, sesempurna apapun mata kita, tetap saja kita tidak dapat melihat apa-apa. Jadi kita dapat melihat dengan adanya terang, bukan hanya pada kesehatan mata. 

Gelap adalah faktor utama dalam membutakan penglihatan terhadap sekeliling. Bagaimana menyingkirkan kegelapan dari sebuah ruangan?

Kegelapan tidak dapat diangkat dan tidak  dapat dipindahkan ke tempat tertentu seperti memindahkan benda. Cara mengusir kegelapan adalah: berilah sinar terang dan arahkan ke tempat gelap, maka kegelapan akan hilang. Kegelapan tidak akan pernah tahan bila berhadapan dengan terang. 

Mengubah situasi sulit sering seumpama mengusir gelap dalam ruangan... tak dapat diangkat dan tak dapat dibuang begitu saja, tetapi dapat diselesaikan bila ada terang di situ. 

Siapakah terang itu ? 

Terang utama adalah Kristus. Kita yang telah menerima Kristus, diharapkan-Nya memancarkan terang. Allah menghendaki kitalah penerus terang itu sebagai solusi terhadap keadaan gelap di sekitar kita, di lingkungan tempat kita tinggal, di tempat bekerja... di mana saja. 

Dengan menjadi terang, keselamatan dari Allah dalam Kristus dapat disampaikan kepada bangsa-bangsa... itu poin penting !

Marilah bangkit dan jadilah terang untuk menerangi dunia. 

Jangan lupa !, kita mampu dan dimampukan menjadi terang bila kita bersama TERANG yang sebenarnya: Yesus Kristus Tuhan !

Arahkanlah hati kita senantiasa kepada Kristus untuk terus dikuatkan menjadi terang. Setelah itu teruskanlah terang itu ke sekeliling kita... meski kekuatan kita mungkin hanyalah kekuatan satu lilin... tak apalah !

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Seamat melayani.

Tuhan menyertai kita untuk menjadi terang. Amin...

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...