Cukupkan Diri Dengan Apa Yang Ada

13 Agustus 2018

Lukas 3:14
Dan prajurit-prajurit bertanya juga kepadanya: "Dan kami, apakah yang harus kami perbuat?" Jawab Yohanes kepada mereka: "Jangan merampas dan jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu."

Masalah kebanyakan kita sering adalah merasa tidak cukup dengan penghasilan. Selalu terasa kurang gaji atau perolehan. Memang tak dapat dipungkiri bahwa ada sebagian di antara kita memang memiliki gaji yang minim, sehingga harus dicari sumber tambahan lain.

Yang juga sering terjadi adalah: ketika gaji yang masih relatif rendah, justru terasa cukup. Akan tetapi ketika penghasilan naik, justru merasa kekurangan. 

Hal tersebut mungkin karena keinginan juga ikut naik, bahkan dapat lebih besar dibanding naiknya penghasilan... muncul kebutuhan sekunder lebih banyak. Sehingga sering berakibat orang melakukan tipu daya, yang dikatakan oleh Yohanes sebagai merampas atau memeras bahkan korupsi... dan untuk itu Yohanes mengatakan JANGAN !

Untuk itu kita harus mengenal kata cukup. Artinya kita mampu membatasi diri.



Mari kita terus belajar hidup dalam kebenaran... salah satu di dalamnya adalah memiliki kata-kata kunci: cukupkan diri dengan apa yang ada... jangan melakukan kecurangan ! 

Bekerjalah dengan tekun, baik dan jujur. Tuhan akan mencukupkan kebutuhan hidup kita dengan kelimpahan-Nya. Itulah yang membawa kebahagiaan dan kedamaian hati.

Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan menyertai dan menjaga kita dengan kuat kuasa-Nya. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...