Maukah Kesalahan Anda Tidak Diperhitungkan Tuhan?

29 Agustus 2018

Mazmur 32:2 
Berbahagialah manusia, yang kesalahannya tidak diperhitungkan TUHAN, dan yang tidak berjiwa penipu!

Kita sering sulit melupakan kesalahan orang lain. Bahkan tak jarang kita membuat label atau cap terhadap orang-orang tertentu yang kita anggap memiliki nilai minus

Andaikan Tuhan melakukan hal yang sama, dimana Tuhan menghitung-hitung kesalahan kita, berapa banyak sudah kesalahan yang telah kita perbuat? Apabila Tuhan mempersoalkan diri kita dan membuat label terhadap kita, kira-kira apakah label kita? 

Siapakah kita sesungguhnya?

Puji Tuhan... kita bersyukur karena kita telah dibenarkan oleh darah Yesus. 
Roma 3:24
dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.

Kita berbahagia karena Tuhan tidak lagi menghitung-hitung kesalahan masa lalu kita. 
Walau begitu, kita harus dalam kesadaran penuh bahwa:
• Kita tidak berjalan ke masa lalu.
• Kita tidak berjalan mundur.
• Kita berjalan ke depan.

Artinya adalah kita harus berjalan dengan status kita sebagai orang-orang yang telah ditebus dan telah dibaharui oleh darah Yesus. 

Hal ini diingatkan bagi kita dengan melihat fakta betapa banyaknya orang-orang hidup tidak memperdulikan kebenaran. Ada orang-orang tertentu yang begitu berani mengambil harta yang bukan haknya dalam bentuk manipulasi, penipuan, korupsi dan sebagainya. Orang-orang tersebut hanya memikirkan dirinya tanpa pernah berpikir dan tidak peduli dengan kerugian orang lain. 

Kalau dicermati, banyak dari orang-orang tersebut bukanlah orang yang kekurangan, tapi justru orang yang telah berkecukupan dan mapan. Rupanya memang ada saja manusia yang tak penah puas dan tidak pernah merasa cukup dengan apa yang telah ada... haus terus... 

Kitapun, kalau tidak hati-hati dapat terjatuh dalam kesalahan yang sama. Sebab itu kita diingatkan agar jangan melakukan perbuatan seperti itu. 

Manusia bisa kita bohongi, tetapi di mata Tuhan kita tidak bisa bersembunyi. Tuhan tahu semua dan kelak akan dibukakan dengan jelas tentang kita sampai hal-hal yang kecil sekalipun. Janganlah bertindak bodoh dengan melakukan kecurangan dalam bentuk apapun. 

Kita berbahagia karena Tuhan tidak menghitung-hitung lagi kesalahan kita. Bahagia dan damai akan terus berlanjut dan disempurnakan dalam hidup ini bila kita melakukan apa yang benar. Pintu berkat dibukakan Tuhan pada waktunya dalam berbagai bentuk bila memang hal itu adalah bagian kita. 

Puji Tuhan ! !



Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan beserta kita. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...