Harus Dilahirkan Kembali

7 Agustus 2018

I Pterus. 1:3
Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal.

Seekor kura-kura yang selama ini dipelihara dalam sebuah baskom, dilepas ke air yang bebas. Kura-kura itu amat senang karena tidak lagi dibatasi ruang geraknya. Dengan riangnya dia berenang ke sana-sini. 

Namun kura-kura itu kaget ketika melihat ada kura-kura yang lebih kecil, namun lebih cepat dan lebih lincah berenang. 

Dia menghampiri kura-kura kecil itu dan bertanya, ”Mengapa engkau dapat berenang lebih lincah dariku ? Padahal aku lebih lebih besar dan tampak lebih bergizi serta lebih sehat.” 

Kura-kura kecil balik bertanya, “Dimana kamu selama ini? Kita semua di sini bebas dapat berenang seperti yang kulakukan ini” 

Sadarlah kura-kura yang baru bebas itu bahwa baskom yang mengurungnya selama inilah membuatnya tidak dapat jauh berenang bebas seperti kura-kura lain. 

Bagaimana pengalaman kita yang disebut sebagai orang Kristen?

Banyak orang yang sudah lama menjadi orang Kristen, bahkan dilahirkan dari keluarga Kristen, tetapi merasa tidak dapat bertumbuh dan tidak dapat menikmati keyakinan mereka sebagai orang Kristen. 

Mereka berputar-putar dan berkutat di sekitar kehidupan rutin tanpa makna. Hidup mereka dikungkung dan dibatasi oleh pemikiran yang sempit. Mereka hidup sebagai orang Kristen legalistik yang merasa bahwa beragama hanyalah sekedar memenuhi kewajiban saja. Kalau orang bertanya apa agamanya, jawabannya adalah Kristen dan hal itu legal dan aman berdasarkan hukum. 

Dalam prakteknya kekristenan sering dirasakan sebatas BRAND, aktifitas dan belum merasakan arti sebenarnya sebagai murid Kristus. 

Tuhan Yesus dengan tegas dan lugas mengatakan bahwa syarat mutlak memasuki Kerajaan-Nya adalah dengan lahir baru... lahir kembali. Cobaah teliti kembali percakapan Tuhan Yesus dengan Nikodemus berikut ini;

Yohanes 3:3-7
Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.”
Kata Nikodemus kepada-Nya: "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?"
Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.
Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.
Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.

Sesungguhnya orang Kristen adalah kumpulan orang-orang telah ditebus oleh Kristus dan telah lahir baru. Mereka tidak terus-menerus dibatasi berputar-putar pada dirinya saja. Orang yang telah lahir baru akan berbuat melewati apa yang dipikirkan manusia pada umumnya. 



Orang yang telah lahir baru haus akan firman Tuhan, memiliki kerinduan untuk bertumbuh, merasakan suatu hubungan yang indah bersama Tuhan. Bagi mereka, penyembahan kepada Tuhan bukanlah sekedar ritualitas saja atau sesuatu yang dipaksakan, tetapi  dirasakan sebagai suatu kebutuhan pokok. 

Orang yang telah lahir baru akan rindu untuk bertumbuh menjadi murid Kristus. Ada dorongan dalam dirinya untuk berbuat sesuatu kepada Allah sebagai respons ucapan syukurnya.

Bukalah hati. Percayalah dan terimalah Kristus sepenuhnya. 

Bagi kita yang sudah menerima Yesus, beritakan dan saksikanlah itu melalui kata-kata dan perbuatan baik.

Selamat bekerja.
Selamat beraktifias.
Selamat melayani.

Tuhan memberkati dan menyertai kita. Amin

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...