Tak Berkesudahan Kasih Setia TUHAN

20 Agustus 2018

Ratapan 3:22-25
Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu ! ‘TUHAN adalah bagianku,’ kata jiwaku, oleh sebab itu aku berharap kepada-Nya. TUHAN adalah baik bagi orang yang berharap kepada-Nya, bagi jiwa yang mencari Dia.

Seorang petualang yang berani menjelajah daerah-daerah berbahaya, membuat catatan daerah-daerah yang pernah dikunujunginya. Dalam peta yang dipakainya, dia menandai daerah-daerah tertentu. Dia membuat catatan tentang beberapa daerah tertentu dengan memberi komentar: 

• Di sini berkeliaran ular berbisa
• Di daerah ini banyak kalajengking
• Di sini tempat beruang ganas menyeramkan
• Di pegunungan ini orangnya kasar, ganas dan kanibal.

Banyak lagi keterangan-keterangan menakutkan sesuai pengalamannya dicantumkan dalam peta itu. Dengan penjelasan dalam peta itu, orang menjadi takut dan tidak mau pergi ke sana. 

Suatu hari catatan dan peta itu dibaca oleh seorang utusan Injil. Dia  mengcopy peta tadi dan dalam copy peta tersebut dia menandai daerah-daerah berbahaya tadi dengan tulisan: 

• Di sini ada Tuhan
• Di daerah ini kuasa Tuhan nyata
• Di sini berkat Tuhan menanti.

Utusan Inji itu tertantang untuk pergi ke daerah-daerah tersebut untuk memberitakan Injil. Dengan iman dan keyakinan yang teguh kepada janji Tuhan, dia berangkat. 

Perkara luar biasa terjadi, kuasa Tuhan nyata. Meski banyak tantangan yang dialami, di daerah-daerah berbahaya itu banyak orang bertobat dan menerima Yesus sebagai Juruselamat.

Pengalaman hidup tidak selalu mulus seperti apa yang diharapkan. Barangkali ada pengaruh pengalaman buruk masa lalu yang sulit untuk dilupakan, sehingga berakibat pesimis menghadapi masa depan…seolah ada “bahaya” yang akan menghadang. 

Petiklah pelajaran kisah utusan Injil di atas. Walau tantangan berat, tetapi keyakinannya kepada Tuhan membuat dia kuat dan terus maju. 

Masalah sering datangnya dari diri kita sendiri dengan ketidakpercayaan dan ketidaktaatan atas apa yang kita lakukan. 

Periksa dan telitilah hidup kita. Berlakulah setia dan tetaplah taat. Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita, Dia tetap membela kita. Dia  dapat diandalkan. Tidaklah penting untuk terlalu memikirkan apa yang akan kita hadapi ke depan. Yang penting adalah sikap kita untuk menghadapinya, karena itulah yang menentukan apakah kita berhasil atau gagal... Tuhan pembela kita yang setia.


Selamat bekerja
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan senantiasa menyertai kita. Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...