Saling Mendorong Dalam Pekerjaan Baik

28 Agustus 2018

Ibrani 10:24
Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.

Renungan kita kemaren mengisahkan tentang Nicolo Paganini yang gigih dan tekun memainkan biolanya walau bersenar satu, hingga berakhirlah sebuah lagu dengan indah di mata penonton. Happy ending dari lagu tersebut tentunya juga adalah karena para penonton memiliki hati yang baik, terlepas dari apakah Nicolo ahli atau tidak bermain biola. 

Bisa saja penonton merasa kecewa dan menyatakan kekesalannya. Mungkin penonton bersorak mencemooh Nicolo dan menyuruh turun dari panggung. Mereka menuntut uang pembeli tiket dikembalikan. Mereka katakan permainan biola Nicolo tak bermutu... tidak dipersiapkan dengan baik.

Penonton tidak lakukan itu ! 

Penonton malah berdiri dengan gegap gempita memuji usaha keras Nicolo sampai akhir lagunya walau tak sempurna. Penonton memberi suasana atau atmosfir yang baik dan kondusif di dalam ruang konser. Penonton menyatakan kepuasannya dan pastilah Nicolo juga tertolong mentalnya.

Bagaimana dengan kita ?

Kita menyaksikan setiap hari orang-orang di sekitar kita. Ada banyak orang-orang yang berupaya hidup baik dan benar. Mereka berusaha sekuat tenaga untuk melakukan apa yang terbaik. Hanya saja selalu tidak ada yang sempurna. Dalam hal itu kita mungkin sering tidak melihat bagaimana usaha mereka. Kita selalu saja melihat apa yang kurang dan menekankan kekurangan tersebut. 

Dari satu sisi, mungkin ada benarnya juga, agar semakin sempurna. Akan tetapi sering membuat orang patah semangat karena kita selalu melihat orang dari sisi kurang, tanpa pernah memberi apresiasi dan pujian dari sisi yang baik.

Kita sering bertindak sebagai hakim dan menghakimi orang-orang di sekitar kita. Kita menjadi orang yang sangat responsif berlebihan terhadap apa yang kita pandang tidak sesuai dengan selera dan apa yang kita ingin. 

Tentu saja kita ingin kesempurnaan dan jika memang bisa haruslah. Namun kita diingatkan agar kita dimampukan untuk lebih melihat sisi baik dari setiap orang. Hal ini sungguh sangat diperlukan, sehingga apa yang dikatakan oleh penulis surat Ibrani, ”... ... ... supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik”... menjadi nyata dalam hidup kita, khususnya di antara kita yang telah percaya dan telah menerima Kristus.

Dengan demikian, kita semua akan terus semakin diperkaya dan bertumbuh di dalam iman serta semakin disempurnakan memiiki sifat-sifat yang baik ke arah hidup yang berbuah lebat.



Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus memberkati kita. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...