Dewasa Dalam Penderitaan adalah Kasih Karunia

9 September 2018

1 Petrus 2:19
Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung.

Kasih karunia Tuhan sering kita pahami sebagai sesuatu yang nyaman. Kasih karunia Tuhan sering kita kaitkan dengan keberuntungan atau beroleh sesuatu yang menyenangkan ibarat dapat hadiah.

Oleh karena itu terasa "aneh" barangkali dengan apa yang dikatakan Rasul Petrus bahwa adalah kasih karunia jika kita menderita sesuatu yang seharusnya tidak kita tanggung.

Penderitaan sering kita pandang sebagai akibat adanya sesuatu yang tidak benar atau keburukan yang telah dilakukan orang. Hal ini tentu ada benarnya juga. Akan tetapi berdasarkan ayat di atas rupanya tidak selalu seperti itu. Ada saatnya penderitaan sebagai sesuatu yang diijinkan Allah untuk kita alami dan itu bukan karena akibat dari sesuatu yang salah yang telah dilakukan. 

Bagaimana caranya agar kita dapat menerima atau merelakan diri kita menderita padahal itu bukan karena kesalahan kita?

Untuk itu kita butuh kesadaran dan keyakinan akan kehendak dan otoritas Allah atas hidup kita. Bahwa kita adalah milik-Nya. Karena itu Allah bebas melakukan apa saja kepada kita apa yang Dia mau lakukan. Terserah Allah saja.

Berilah kebebasan kepada Allah untuk melakukan segala hal kepada kita. Maksud dari semua itu adalah untuk mendewasakan sikap dan iman  kita. Itu adalah kesempatan bagi-Nya untuk membentuk kita. 

Yakin dan percayalah... Allah selalu merancang dan merencanakan apa yang terbaik bagi kita. Allah tidak akan pernah merancangkan hal buruk kepada anak-anak-Nya... itu bukan sifat-Nya !

Ada kalanya Allah sedang memberikan makanan keras agar proses pencernaan pemikiran kita menjadi tangguh dan handal. Maksud dari semua itu adalah agar kita semakin mengenal Dia dari semua sisi secara sempurna dan lengkap. Agar kita semakin berharap dan bergantung kepada Dia. Agar semakin berjabat erat hati ini kepada Dia. Agar apapun situasi kita, kita selalu mampu dengan tulus dan tegak kepala berkata, "PUJI TUHAN," artinya memang TERPUJILAH TUHAN.

Jika kita berpikir seperti itu, maka berbahagialah kita. Itulah sebabnya dikatakan Rasul Paulus bahwa adalah kasih karunia apabila kita menanggung derita padahal seharusnya hal itu tidak kita tanggung.

Selamat Hari Minggu.
Selamat beribadah.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus beserta kita. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...