Sistem Nilai Anda Berdasarkan Apa?

17 September 2018

2 Timotius 3:16
Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk men-didik orang dalam kebenaran.

Satu hal yang amat penting kita pahami dengan tepat adalah pandangan akan sistem nilai... bagaimana kita menilai diri kita dan bagaimana kita menilai orang lain. 

Kita sering bercermin dan menilai diri kita menurut standard kita sendiri atau apa kata orang. Dalam beberapa hal mungkin boleh-boleh saja, tetapi betapa sering kita salah menilai. 

Saat kita menilai diri kita lebih tinggi, dapat berakibat muncul kesombongan. Bila kita merasa diri kita lebih rendah, sering muncul rendah diri dan merasa tak berarti. 

Cermin yang semestinya kita pakai menilai diri kita adalah Firman Tuhan... apa kata Allah tentang kita. Kalau kita memakai Firman Allah, kita akan mengenal diri kita secara tepat. Kita akan mengetahui siapa kita. Kita juga tidak salah memandang orang lain. 

Dengan demikian kita akan lebih dapat menghargai siapapun. Bahkan kita dapat mempererat hubungan dan membuat jembatan persahabatan tanpa mempertimbangkan situasi dan kedudukan orang. Kita dapat menerima diri kita sepenuhnya. 

Jika kita menerima diri kita sepenuhnyalah, kita akan dimampukan dapat menerima orang lain apa adanya.

Yang sangat indah adalah apabila kita mengenal siapa kita di hadapan Tuhan sesuai firman-Nya. Firman-Nya akan menghibur dan menguatkan kita. Firman-Nya akan menuntun kita kepada pertobatan dan perubahan. Dengan Firman-Nya kita dimotivasi untuk melakukan setiap hal dengan cara terbaik. Firman Tuhan menolong kita memahami bahwa meskipun tadinya kita debu, tetapi kita telah ditebus, kita menjadi berharga di hadapan-Nya.

Oleh karena itu marilah kita terus rindu dan haus akan firman Tuhan yang bermanfaat untuk:

• mengajar kita... menuntun kita melakukan apa yang patut,
menyatakan kesalahan yang kita telah perbuat... terjadi pertobatan yang terus menerus,
• memperbaiki kelakuan... karakter Kristus semakin nyata dalam diri kita,
mendidik kita dalam kebenaran... kita dimampukan memiliki kebiasaan baik dan benar.

Bila firman Tuhan yang diilhamkan Allah menjadi pedoman kita, maka dari situlah awalnya kita memiliki sistem nilai yang benar. Di luar firman Tuhan, sistem nilai kita tidak akan pernah pas.

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan memberkati dan menyertai kita. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...