Sukacita Zakheus

19 September 2018

Lukas 19:8
Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat."

Karena didorong rasa penasaran, Zakheus ingin melihat Yesus. Karena keterbatasan fisiknya, dia harus panjat pohon agar bisa memandang Yesus. 

Niatnya yang semula hanya ingin melihat Yesus, tetapi kemudian kejadian luar biasa terjadi, Yesus bekunjung dan menumpang di rumahnya.

Zakheus sungguh-sungguh bersukacita. Dengan hati yang terbuka, dia menerima kunjungan Yesus. 

Dalam sukacitanya, Zakheus berkata bahwa setengah dari miliknya akan diberikan kepada orang miskin, dan bila ada orang yang diperasnya selama ini, akan dikembalikan empat kali lipat.

Tentulah sukacita Zakheus bertambah setelah Yesus berkata, "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang ini pun anak Abraham. Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang." (Lukas 19:9-11), makin lengkaplah sukacita Zakheus.

Ada dua hal luar biasa terjadi pada diri Zakheus. Yang pertama adalah dia terbuka dalam kemurahan hatinya memberi miliknya. Yang kedua adalah mengembalikan empat kali lipat apa yang telah dia peras dari orang lain. 

Itulah perubahan besar dalam diri Zakheus dalam perjumpaannya dengan Kristus.

Bagi kita, apa perubahan yang telah terjadi sebagai dampak perjumpaan kita dengan Yesus?

Setelah hati kita dijamah Kristus... kita diselamatkan oleh-Nya, perkara apa yang akan kita lakukan  ke depan?

Meskipun dalam hal-hal kecil dan sederhana, biarlah terus terjadi perubahan-perubahan dalam diri kita yang sungguh menyenangkan hati Kristus Juruselamat kita. Sukacita kitapun akan terus ditambah-tambahkan-Nya

Puji Tuhan ! !

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan senantiasa beserta kita. Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...