Hari-Hari ini adalah Jahat jika...

8 September 2018

Efesus 5:15-16
Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

Pelukis berbakat banyak menghabiskan waktunya untuk melukis. Setiap ada waktu luang, dia menyalurkan minatnya melukis. Bahkan dia selalu saja mencari-cari kesempatan untuk melukis. 

Seorang yang gemar main catur akan selalu berusaha mencari teman untuk dapat bermain catur bersama. Tanpa terasa dia menghabiskan banyak waktu untuk bemain catur. Ada yang cenderung lupa mengerjakan sesuatu yang lebih penting karena kalau sudah memegang buah catur, dia lupa segala-galanya. 

Ada seorang teman yang suka memancing. Setiap ada waktu kosong, dia pasti pergi memancing. Jika ada rencana piknik, dia selalu mengusulkan pergi ke pantai agar dapat memancing ikan di sana. Saat pergi piknik, dia membawa peralatan pancing yang lengkap. Dalam acara kebersamaan piknik itu, dia sering memisahkan diri dan pergi ke tempat tertentu di pantai untuk memancing. 

Hobby, minat dan kesukaan serta cita-cita akan menyatu dalam hati dan pikiran setiap manusia. Hidupnya cenderung dikendalikan oleh hal tersebut. Apa yang menjadi hobby... apa yang menjadi kesukaan... apa yang paling diminati seseorang, itulah yang paling berharga baginya. Dia akan habiskan banyak waktu untuk itu. 

Bagaimana dengan kita ? 
Apa minat kita ?
Apa hobby kita ?
Apa yang selalu ada dalam hati dan pikiran kita ? 
Tentu ada banyak dan beragam. 
Pastilah banyak waktu yang terpakai untuk itu.

Di antara apa yang kita pikirkan dan harapkan, apakah ada tertaruh dalam hati dan pikiran kita perkara-perkara yang kekal sifatnya ? 
Ataukah dalam pikiran kita yang ada hanyalah sebatas dunia yang sementara ini saja ?. 

Rasul Paulus ingatkan kita untuk arif dan bijak memakai seluruh waktu kita; 
• Jangan sampai waktu kita habis hanya untuk sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan rancana Allah atas hidup kita. 
• Jangan sampai waktu kita habis hanya mengurusi hal-hal yang akan kita tinggalkan. 
• Jangan sampai waktu kita habis hanya untuk kenikmatan sementara di dunia ini.
• Jangan sampai waktu kita habis hanya untuk hal-hal yang membuat hidup kita tidak berdampak apa-apa.
• Jangan sampai waktu kita habis hanya untuk ... ... ... ... (silahkan diisi !)

Marilah kita arif dan bijak memakai seluruh waktu kita sesuai dengan panggilan Allah atas hidup kita masing-masing
Maksimalkan dan optimalkan !

Sehubungan dengan hal itu, ingatlah selalu apa yang dikatakan Tuhan Yesus dalam  Markus 8:36, ”Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia kehilangan nyawanya”.

Tuhan Yesus mengingatkan kita agar di antara semua keinginan dan cita-cita kita, janganlah sampai kita kehilangan apa yang paling berharga yang berhubungan dengan keselamatan nyawa dalam kekekalan nanti. Harga nyawa jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga seluruh dunia ini... apapun itu ! 

Selamat berlibur.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus beserta kita. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...