Kaya Dalam Segala Hal

25 September 2018

I Korintus 1:5-6
Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal: dalam segala macam perkataan dan segala macam pengetahuan, sesuai dengan kesaksian tentang Kristus, yang telah diteguhkan di antara kamu.“

Mata uang kita terdiri dari berbagai harga mulai dari paling kecil hingga paling besar. Mata uang tersebut akan bernilai atau syah bila utuh, artinya bila lengkap dari dua sisi. Misalkan uang pecahan Rp. 10.000 akan laku bila lengkap satu sisi bergambar FRANS KAISIEPO dan satu sisinya lagi bergambar TARI PAKARENA beserta tanda-tanda lainnya. 

Andaikan kita memiliki uang yang hanya bergambar satu sisi saja sementara satu sisinya kosong karena salah cetak, maka uang tersebut tidak bernilai. Kita tidak dapat mengatakan, “Sudahlah, dihargai setengahnya saja menjadi Rp. 5.000 saja” Tetap saja uang tersebut tidak laku dan sama seperti kertas biasa, tidak dapat dipergunakan untuk membeli sesuatu.

Manusia memiliki berbagai tingkatan sosial yang berbeda mulai dari yang rendah sampai tinggi. Tapi secara iman Kristiani, kita meyakini bahwa bagaimanapun tingkatan sosial kita, hidup kita akan bernilai bila lengkap dan utuh. Kelengkapan itu adalah bila kita berada di dalam Kristus. 

Sama seperti mata uang, meskipun tingkatan sosial kita begitu amat tinggi, namun bila hati kita kosong, tidak ada Kristus di sana, maka hidup kita akan hampa dan tak berarti. Kristus begitu bermakna dalam hidup kita, sehingga di luar Kristus kita tidak berarti apa-apa. 

Rasul Paulus begitu kuat dan tegas mengatakan keyakinannya bagaimana dia merasakan arti Kristus dalam hidupnya. Dia berkata, Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus, (Filipi 3:8)

Sungguh karena Kristuslah kita berarti, bukan karena siapa kita dan apa yang mampu kita lakukan… bukan karena kedudukan ataupun posisi penting kita dalam hidup ini, karena hal itu tidak bernilai kekal... sementara saja.

Dalam Kristus ada kehidupan dan ada makna hidup. Di dalam Dia kita berarti. Adalah baik dan bolehlah kita peroleh apa saja yang kita mau selama kita hidup, namun bila hidup kita di luar Kristus… sesungguhnya kita terhilang ! ! !



Selamat belajar,
Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus beserta kita. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...