Doa dan Semangat Bersaksi

16 September 2018

Kisah Para Rasul 26:28-29 
Jawab Agripa: "Hampir-hampir saja kauyakinkan aku menjadi orang Kristen!"
Kata Paulus: "Aku mau berdoa kepada Allah, supaya segera atau lama-kelamaan bukan hanya engkau saja, tetapi semua orang lain yang hadir di sini dan yang mendengarkan perkataanku menjadi sama seperti aku, kecuali belenggu-belenggu ini."

Oleh kehendak Tuhan, dalam tantangan berat, Rasul Paulus harus menghadap raja Agripa. Dalam kesempatan tersebut Paulus menyaksikan pengalamannya.

Kesaksian Rasul Paulus begitu berkesan di hati raja Agripa, sehingga dia berkata, “Hampir-hampir saja kau yakinkan aku menjadi orang Kristen!" 

Semangat Paulus dalam tekanan yang dia rasakan menjadi energi bagi kita dalam hidup sebagai saksi Yesus. Biarlah kita juga dipakai Tuhan menyaksikan kehidupan kita; bagaimana kita diselamatkan Kristus.

Paulus mengatakan bahwa dia berdoa agar semua orang yang hadir pada saat dia berbicara di hadapan raja Agripa menjadi sama seperti dia, yaitu percaya kepada Yesus dan memiliki hati serta semangat sebagai saksi Kristus.

Memang kita tidak tahu bagaimana akhir kehidupan orang-orang yang mendengar kesaksian Paulus itu, karena tidak dituliskan. Tetapi poin penting untuk kita pahami dan teladani adalah doa dan semangat Rasul Paulus untuk Injil.

Biarlah melalui setiap keadaan hidup kita, susah atau senang, dalam situasi apapun, kita memiliki semangat yang sama dengan Rasul Paulus. 

Hanya saja mungkin situasi kita berbeda dengan situasi Paulus saat itu. Kita memang harus bijak dan adaptif menyikapi masa kini. Akan tetapi prinsip dan semangat kita sama seperti Paulus.

Selamat Hari Minggu.
Selamat beribadah.
Selamat melayani.

Tuhan memampukan kita untuk menjadi saksi-Nya di manapun kita berada.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...