R O K O K

05-Mar-2018

R-usak
O-leh
K-arena
O-ksigen
K-urang

Orang yang merokok dan orang yang ada di sekitar orang yang sedang merokok akan menghisap asap dari batang rokok yang dibakar dan kepulan asap yang dikeluarkan dari hidung dan mulut yang merokok.

Mengapa merokok disebutkan me-rusak kesehatan?

Asap ROKOK mengandung lebih dari 4.000 zat kimia, termasuk karbon monoksida dan sianida.
Asap ROKOK dihirup oleh peROKOK maupun peROKOK pasif mengandung 43 zat yang diketahui menyebabkan kanker. Hal ini menyebabkan peROKOK pasif bisa mendapat dampak negatif yang lebih mengerikan jika asap ROKOK dihirup oleh mereka.

Secara logika sederhana sebenarnya Asap ROKOK sangat mengganggu pasokan O2 yang seharusnya dihirup saat bernapas. Karena asap maka kualitas dan volume O2 yang dihirup berKURANG karena sudah dicemari oleh asap ROKOK. Maka ROKOK sebenarnya dapat dikatakan R-usak O-leh K-arena O-ksigen K-urang. Oksigen sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Menurut para ahli volume Oksigen sekali hirup adalah sekitar 100 ml. Kurangnya Oksigen akan menyebabkan fungsi-fungsi tubuh berkurang dan jika kekurangan Oksigen berlangsung terus menerus maka akibatnya merusak tubuh dan lebih fatal lagi menyebabkan kematian.

1 Korintus 6:19 “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu,…”

Firman Tuhan sendiri mendorong kita untuk menjaga kesehatan tubuh kita, Allah tidak mau kita merusak tubuh kita. Tentunya merusak tubuh tidak hanya melalui ROKOK tapi juga hal-hal lain yang akibatnya merusak tubuh haruslah dihindari. ROKOK menjadi sorotan utama tulisan ini karena ROKOK mengakibatkan kecanduan dan akan sangat sulit untuk menghentikannya karena terbelengu oleh ROKOK. Kita harus bebas dari belengu ROKOK.

1 Korintus 6:20 “Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”
See the source image
 
Bagi yang meROKOK ingatlah hal sederhana ini ROKOK R-usak O-leh K-arena O-ksigen K-urang. Siapkah Anda tanpa ROKOK.

Salam,
Lukas Ginting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...