Serahkanlah, Tuhan akan Bertindak

25-Mar-2018

Matius 6:34
Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.

Entah karena apa, seorang ibu merasa tiba-tiba pikirannya merasa susah.  Pikirannya penuh dengan masalah. Di sisi lain dia rasakan sepi sendiri.

Ibu ini ingin keluar dari masalahnya, tapi bingung bagaimana caranya? 

Tiba-tiba dia teringat akan koleksi barang-barangnya yang selama ini disimpan rapi. Dia mencoba mengeluarkannya dari lemari. Dia memandang barang-barangnya... menikmatinya. Dia merasa senang dan terkesan dengan barang-barangnya itu. Dia nikmati satu persatu. Dia rencanakan akan memakai barang-barangnya itu yang selama ini disusun begitu saja tanpa pernah dipakai.

Dengan kesibukan seperti ini, ibu ini lupa akan masalahnya yang sebetulnya memang tidak perlu dipikirkan. Dia berhasil menikmati hidupnya hari itu.

Dewasa ini banyak orang terpaku dengan masalahnya. Malah hal-hal yang tak perlu dipikirkanpun, semua campur aduk dipikirkan dan akhirnya takut sendiri. Dan banyak orang bertindak dan melakukan kesalahan untuk mengatasi masalahnya. 

Bila pikiran kita hari ini terasa berat, cobalah berpikir sejenak apa yang dapat dilakukan. Mungkin menikmati hobby barangkali? Menikmati koleksi pribadi mungkin? Atau lakukanlah kegiatan-kegiatan positif yang sifatnya membangun. 

Namun yang terbaik adalah datanglah kepada Tuhan dalam doa. Bacalah dan renungkan firman-Nya. Adalah baik menghafalkan firman Tuhan dan sibuklah mengulanginya. Niscaya akan tertolonglah pikiran yang kusut. Dengan demikian, firman Tuhan menjadi kekuatan kita hari ini.

Besokpun mungkin ada lagi datang masalah baru. Cobalah lakukan lagi hal yang sama. Jika hati kita terpaut kepada Tuhan, pastilah Dia akan berikan cara dan jalan keluar yang mungkin belum terpikirkan oleh kita hari ini. 

Setiap hari akan ada masalah beragam dari A sampai Z, dengan tingkat intensitas dari 0 hingga 9. Namun ada selalu cara dan jalan Allah untuk menolong kita. Kesusahan hari ini biarlah Tuhan dengan cara-Nya menolong dan mengangkat kita. Entahpun besok Tuhan Yesus sudah datang dengan para malaikat-Nya menjemput kita ??   Siapa yang tahu ??  Buat apa menghabiskan hidup dengan tekanan masalah ??

Kuncinya terletak di dalam hubungan kita dengan Dia. Maka itu pelihara dan tingkatkan hubungan kita senantiasa dengan Dia. Serahkanlah dan percayakanlah hidup kita sepenuhnya kepada Dia. Percayalah bahwa Tuhan tak pernah diam. Dia selalu bertindak untuk kita.

Mazmur 37:5
Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak

See the source image 

Selamat hari minggu.
Selamat beribadah.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus beserta kita. Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...