Berubahlah oleh Pembaharuan Budimu


02-Mar-2018

Roma 12:2
“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”

Image result for romans 12:2
    

Ada seorang raja yang kaya raya. Dalam masa pemerintahannya, berhasil ditemukan banyak ladang minyak. Minyak itu menjadi asset yang sangat tinggi nilainya. Dari penjualan minyak, diperoleh uang sangat banyak. 



Tetapi apa yang terjadi dengan rakyatnya ? 



Dikabarkan bahwa pada zamannya rakyatnya sangat miskin, tidak ada tanda-tanda kemakmuran sama sekali. Rakyat menderita. Rakyat menjadi curiga kemana saja uang penjualan minyak selama ini. Beberapa waktu kemudian terjadi perebutan kekuasaan dan raja ditawan. Setelah ditawan, istana raja digeledah. 



Ternyata di istanalah tersembunyi sebagian besar kekayaan raja dari hasil penjualan minyak selama ini. Mulai dari dapur hingga ke kamarnya penuh dengan harta yang sangat banyak, bahkan ditemukan uang senilai  2 juta dollar yang telah rusak dimakan tikus di kamarnya. Uang negara yang banyak itu bukannya dipergunakan untuk kepentingan rakyat, malah tikus-tikus yang memakannya.



Begitulah rupanya manakala manusia menjadi rakus dan tamak. Harta yang bukan miliknya diselewengkan dan diraup. Kalau dipikir-pikir seperti raja tersebut di atas, tidak mungkin lagi dia dapat menikmati uang yang begitu banyak yang telah disembunyikannya. Dia tidak mampu lagi menghitung berapa sebetulnya jumlah hartanya. Mungkin diperlukan beberapa tenaga manusia, bahkan mesin untuk menaksir keseluruhan uangnya. 

Jadi untuk apa itu semua ? 

Padahal rakyatnya menderita kekurangan di bawah garis kemiskinan. 



Manusia tidak akan pernah puas dengan apa yang didapatkan. Apapun yang diperoleh tidak pernah membawa kepuasan yang otentik dan hakiki. 



Kepuasan akan diperoleh bila hati telah dijamah dan diubahkan oleh Tuhan… apabila hati telah didiami Roh Kudus. Pola pikir manusia akan diubahkan. Manusia tidak akan lagi sekedar melihat kebutuhan jasmani saja, tetapi dia akan merasa ada kebutuhan lain yang jauh lebih penting yaitu kebutuhan jiwa dan kebutuhan rohani.



Pemenuhan kebutuhan rohani akan mendorong manusia berubah dalam tingkah laku. Pandangan manusia akan hidupnya tidak lagi hanya sekedar dalam jarak dekat, tapi lebih jauh ke depan, bahkan sampai kepada kekekalan. 



Firman Tuhan mendorong manusia agar terus-menerus berada dalam proses perubahan dari manusia lama menjadi manusia baru. Tuhan ingin agar kita anak-anak-Nya mengalami perubahan dari hari ke hari  menjadi semakin serupa dengan DIA.



Tuhan memberkati dan menyertai kita. Amin.



Selamat beraktifitas...

Selamat bekerja...

Selamat melayani...



Teriring  salam dan doa,

Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...