Bekerjalah Untuk Makanan yang Tidak Binasa

16 April 2018

Yohanes 6:27a
Bekerjalah,bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal

Suksesnya sebuah pesta sering diukur dengan seberapa jauh ketersediaan dan pelayanan makanan. 

Apabila makanan kurang ataupun tidak terdistribusi dengan baik, maka yang empunya pesta merasa kurang enak. Tetapi bila makanan yang disuguhkan melimpah dan enak, para tamu merasa senang dan yang berpesta mendapat pujian. 

Oleh karena itu betapa sering orang yang hendak mengadakan pesta, salah satu titik stress adalah soal makanan yang akan disediakan. 

Masalah pangan, apa yang akan dimakan adalah memang masalah pokok dalam kehidupan manusia. Orang sering khawatir dan cemas memikirkan kebutuhan yang satu ini. Bila harga-harga kebutuhan pokok sehari-hari naik, termasuk makanan, dapat menciptakan suasana rawan. 

Seberapa besar kepedulian Allah tentang kebutuhan manusia dalam hal makanan?. Tuhan Yesus pernah berkata dalam Matius 6:25, ”Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum” 
 See the source image
Ada 2 hal yang perlu kita renungkan:
1. Allah tidak menahan rejeki yang menjadi bagian hidup kita. Yang penting sediakanlah jalan dan sarananya, agar melalui itu Allah mencukupkan apa yang kita perlu. Kita haruslah rajin bekerja mencari nafkah hidup. Tetap semangat berkarya. Jangan malas !

2. Yang kita perlu tidaklah sekedar makanan jasmani, namun ada kebutuhan lain yang sering terabaikan, yakni kebutuhan akan makanan jiwa kita, yaitu firman Allah. Sejauh mana kerinduan kita untuk selalu menyediakan waktu memberikan makanan bagi jiwa dan rohani kita ?

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat berkarya.
Selamat melayani.

Tuhan menyertai dan memberkati kita dengan memenuhi apa yang kita perlu. Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...